VIDEO Warga Cimahi Selatan Krisis Air Bersih, PDAM Sudah Tidak Mengalir sejak Juni

Warga di Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, hampir tiga bulan mengalami kesulitan air bersih, air PDAM sudah tidak mengalir sejak Juni.

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Warga di Kampung Babakan Utama, Jalan Nanjung, RT2/13, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, hampir tiga bulan mengalami kesulitan air bersih.

Kusmana (38) mengaku sudah tiga bulan terakhir mengalami krisis air bersih.

Biasanya ia mengandalkan air dari PDAM.

"Air dari PDAM enggak ngocor airnya dari bulan Juni kemarin," ujar Kusmana kepada Tribun Jabar saat mengantre air bersih yang dipasok Damkar Kota Cimahi dan BPBD Kota Cimahi, Sabtu(31/8/2019).

Kusmana terpaksa harus mengandalkan air dari pabrik untuk keperluan mencuci dan mandi sedangkan untuk kebutuhan air minun harus membeli.

"Ada dari pabrik 30 meter itu buat nyuci dan mandi, kalau minum dan masak pakai air galon dengan harga Rp 10 ribu," ujarnya.

Warga di Kampung Babakan Utama, Jalan Nanjung, RT2/13, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi hampir tiga bulan mengalami kesulitan air bersih.
Warga di Kampung Babakan Utama, Jalan Nanjung, RT2/13, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi hampir tiga bulan mengalami kesulitan air bersih. (Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari)

Pihaknya pun berterima kasih kepada pihak Damkar dan BPBD Kota Cimahi yang setiap minggu ada bantuan air bersih.

"Mengandalkan air bersih ini, bisa di minum dan di pasak juga lumayan," ujarnya.

Kemarau Bikin Ribuan Hektare Lahan Pertanian di Priangan Timur Alami Kekeringan dan Puso

Sementara itu, dalam pemberitaan sebelumnya, krisis air dirasakan warga lainnya di RT 01/13, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Hal itu juga dirasakan Emak Wiwit Wicarti (70), yang menjelaskan bahwa krisis air di wilayahnya itu sudah terjadi sehabis Lebaran 2019.

"Sudah empat bulan, sehabis beres lebaran, mulai terasa susah mendapatkan air bersih," ujar Emak Wiwit

Nampak berbagai ukuran jeriken dan ember dijejerkan, saat petugas mulai menyalurkan air bersih tersebut.

Emak Wiwit yang sudah tak lagi muda, dengan rambutnya yang sudah memutih, satu persatu ember yang sudah penuhi air itu diangkat dan dibawa ke rumahnya.

BPBD Kota Tasikmalaya Perpanjang Masa Siaga Darurat Kekeringan, Setelah Dapat Info dari BMKG

Ibunda SBY, Siti Habibah, Akan Dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Diberangkatkan Siang Ini

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Warga Cimahi Selatan Krisis Air Bersih, PDAM Sudah Tidak Mengalir sejak Juni, Kini Andalkan Bantuan, https://jabar.tribunnews.com/2019/08/31/warga-cimahi-selatan-krisis-air-bersih-pdam-sudah-tidak-mengalir-sejak-juni-kini-andalkan-bantuan.
Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Seli Andina Miranti
Video Production: Wahyudi Utomo

Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved