Sedikit Bocoran, Cita Rasa Kopi Khas Jawa Barat Jabarano yang Bakal Di-launching Januari 2020

Beberapa waktu lalu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mengungkapkan keinginannya untuk menciptakan cita rasa kopi

tribunjabar/mumu mujahidin
Pembukaan Indonesian Coffee Masters Competition 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Beberapa waktu lalu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, mengungkapkan keinginannya untuk menciptakan cita rasa kopi khas Jawa Barat 'Jabarano'.

Meski masih rahasia, Barista Senior Natanael Charis mengungkap sedikit bagaimana nantinya citarasa Jabarano, kopi khas Jawa Barat ini.

"Menunya sudah ada, kami sudah create dan itu secret. Masih rahasia karena menunya masih belum boleh diumumin karena kafenya belum ada," ujar Natanael di sela-sela kegiatannya dalam Bandung Coffee Fastival, di Festival Citylink, Kota Bandung, Jumat (23/8/2010).

Menurutnya kopi dengan citarasa Jabarano ini pertama kali diungkapkan oleh Ridwan Kamil yang saat itu tengah menikmati secangkir Americano di Dubai.

Nantinya sajian kopi dengan citarasa khas Jawa Barat ini akan dipasarkan di cafe-cafe bertemakan Jawa Barat bernama sama yakni Jabarano di beberapa negara.

Krisis Air Bersih di Kota Cimahi, Warga Berusia 70 Tahun Pun Terpaksa Harus Rela Antre Air Bersih

Selain difungsikan sebagai kafe, Jabarano Cafe ini nantinya juga akan difungsikan sebagai kantor Indonesian Promotion Trade Center (IPTC).

"Kopinya sudah pasti dari Jawa Barat, tapi yang masih banyak pastinya masih Kabupaten Bandung. Karena yang mempunyai kualitas yang mumpuni untuk market di Australia masih Kabupaten Bandung," ungkapnya.

"Kami sempat diundang ke Autralia untuk mempresentasikan Kopi Jawa Barat bersama Pemprov. Sekaligus untuk melihat peluang Jabarano di Melbourne Australia," katanya.

Natanael mengungkap jika sajian kopi khas Jawa Barat bernama Jabarano ini sudah ada namun masih bersifat rahasia. Karena rencananya kopi khas Jawa Barat ini bakal dilaunching di awal Januari 2020 nanti bersama dengan Cafe Jabarano itu sendiri.

"Bocorannya sedikit, kami coba sajikan, ketika diminum (rasa) kopi tetap, tapi rasanya begitu diseruput itu seperti (aroma) bunganya sangat kentara dan ada vanilanya. Tapi tanpa ada campuran apapun itu pure kopi single original," ungkapnya antusias.

Wawancara Eksklusif Jeverson, Satpol PP Bandung yang Mengira Aceng Fikri di Hotel Bareng Selingkuhan

Nael sapaan akrab pengusaha sekaligus petani kopi ini sangat optimis Jabarano akan bisa berkompetisi dengan kopi-kopi dunia lainnya seperti Americano dan Espresso.

"Sangat yakin kami sudah bandingkan dan kami sudah test dan uji. Dan orang-orang lebih memilih kopi Jabarano," ujarnya.

Demi mewujudkan itu, di September nanti pihaknya bersama Bupati Bandung akan bersiap-siap melakukan pengecekan lokasi di Melbourne Australia. Agar bisa segera menentukan nilai investasi yang dibutuhkan.

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved