Penyebab Listrik Padam di Pulau Jawa Akan Diungkap Bareskrim dan PLN, Ini Tanggalnya

Ia menjelaskan lamanya pengusutan dari tim ini dikarenakan memang proses investigasi yang dilakukan tersebut cukup panjang.

Penyebab Listrik Padam di Pulau Jawa Akan Diungkap Bareskrim dan PLN, Ini Tanggalnya
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Permukiman warga Jakarta difoto dari Rusun Karet Tengsin terlihat gelap gulita hanya gedung perkantoran dan apartemen yang terang, Minggu malam (4/8/2019). Aliran listrik di Banten, Jabodetabek hingga Bandung terputus akibat adanya gangguan pada sejumlah pembangkit di Jawa. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Tim investigasi Bareskrim-PLN masih terus melakukan proses investigasi terkait penyebab terjadinya gangguan listrik atau blackout yang melanda wilayah Jabodetabek dan sekitarnya pada Minggu (4/8) lalu.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan hasil investigasi tim tersebut akan diungkap dua hari lagi atau pada Jumat (23/8) depan.

"Untuk black out, Insyaallah hasil komunikasi saya dengan kepala tim investigasi, kita rencanakan hari Jumat," ujar Dedi, di Hotel Grand Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (21/8/2019).

Ia menjelaskan lamanya pengusutan dari tim ini dikarenakan memang proses investigasi yang dilakukan tersebut cukup panjang.

"Dari mulai Ungaran, Pemalang, kemudian Gandul, Suralaya, Muara Karang, kemudian ke PLN-nya sendiri, itu masih didalami," ucapnya.

Daftar 10 Youtuber Terkaya di Dunia, Atta Halilintar Masuk 10 Besar, Ada di Posisi Berapa?

Terungkap, Foto-foto Wajah Calon Ibu Kota Negara Pengganti Jakarta, Ada Logo Kementerian PUPR

Namun demikian, mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu masih enggan membeberkan berapa jumlah saksi yang telah diperiksa hingga saat ini.

"(Berapa saksi?) Nanti akan kita sampaikan hari Jumat. Semoga hari Jumat itu sudah ada hasil yang cukup komprehensif," tandasnya.

Black Out di Bagian Barat Pulau Jawa

Direktur Bisnis Regional PLN Jawa Bagian Barat Haryanto WS tidak menjawab tegas mengenai penyebab blackout wilayah Jawa dan Bali karena pohon Sengon.

Menurutnya jaringan listrik yang mengalami gangguan memang sangat panjang dan melawati gunung, hutan, perkebunan, dan lain lain.

Karena itu bisa saja gangguang jaringan listrik disebabkan faktor alam.

"Itu memang bisa saja terjadi gangguan-gangguan dari sekitar, alam, dan sebagainya dan itu bisa terjadi. Itu yang alhamdullilah sudah kita bisa selesaikan," kata Haryanto di Kantor PLN Jakarta, Senin (5/8/2019) malam.

Haryanto tidak menjawab apakah gangguan alam yang dimaksud merupakan pohon.

Halaman
1234
Editor: Ravianto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved