Pramuka Indramayu Sambut Baik Wacana Pembentukan Prasiaga untuk Anak TK, Ini Alasannya

Wacana pembentukan jenjang Prasiaga untuk anggota pramuka tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) sederajat oleh Kwartir Nasional

Pramuka Indramayu Sambut Baik Wacana Pembentukan Prasiaga untuk Anak TK, Ini Alasannya
Istimewa/indramayukab.go.id
Ilustrasi: Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Indramayu 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - Wacana pembentukan jenjang Prasiaga untuk anggota pramuka tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) sederajat oleh Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka disambut baik oleh Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Indramayu.

Menurut Wakil Ketua Bidang Humas Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Indramayu, Edi Kusdiana, pendidikan karakter kepramukaan perlu diterapkan sedini mungkin.

"Bisa dilihat pendidikan karakter lebih banyak terlihat pada kegiatan pramuka dibanding kegiatan lain," ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Selasa (13/8/2019).

Dirinya mencontohkan, beragam pendidikan karakter seperti, mental, kemandirian, nasionalisme, keterampilan, dan lain sebagainya secara tidak langsung diajarkan dalam kegiatan-kegiatan kepramukaan.

Tembakau Kualitas Terbaik Pekan Ini Dipanen di Kabupaten Bandung, Sudah Bagian Pucuk

Ketika disinggung terkait metode pembelajaran kepada anak-anak usia dini yang memerlukan metode khusus dalam pembelajaran, dirinya justru berpendapat semua kegiatan yang ada di pramuka justru sejalan dengan karakteristik anak-anak.

Hal itu dapat dilihat dari semua kegiatan kepramukaan yang notabenenya adalah permainan dan gerakan tubuh, sehingga anak tidak akan mudah merasa bosan.

"Pramuka itu kan sistemnya dibikin permainan. Cocok buat anak-anak," ujar dia.

Contoh lainnya seperti gerakan baris berbaris. Menurut Edi Kusdiana, dengan mempelajari baris berbaris secara tidak langsung anak juga belajar kedisiplinan dan kekompakan tim.

Biar Nuklir Tak Lagi Menakutkan, Mulai September Warga Bisa Wisata ke Batan

Meski demikian, diakui dirinya untuk penerapan jenjang Prasiaga di Kabupaten Indramayu belum diketahui secara pasti kapan penerapannya.

"Kita belum ada petunjuk pelaksaan dan petunjuk teknis (Juklak dan Juknis)nya. Tapi memang pengembangan karakter harus dipupuk sejak dini," ucap Edi Kusdiana.

Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved