Gratis Pengambilan Barang Bukti Secara Online, Kejari Cianjur Minta Kepala Desa Bantu Warga Awam

Untuk menyempurnakan program pengembalian barang bukti gratis via online, Kejaksaan Negeri (Kejari) Cianjur

Gratis Pengambilan Barang Bukti Secara Online, Kejari Cianjur Minta Kepala Desa Bantu Warga Awam
tribunjabar/ferri amiril mukminin
Pertemuan di Kejari Cimahi tentang pengembalian barang bukti secara online 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Untuk menyempurnakan program pengembalian barang bukti gratis via online, Kejaksaan Negeri (Kejari) Cianjur mengundang unsur pihak kepolisian, pejabat Pemkab Cianjur, dan unsur kepala desa.

Dalam pertemuan yang berlangsung di aula Kejari Cianjur, banyak masukan dan penyempurnaan program yang pada saatnya akan berbuah menjadi aplikasi. Unsur kepala desa diundang untuk menjelaskan dan membantu warga yang masih awam dalam hal dunia digital.

Kasi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan, Ema Siti Huzaemah, mengatakan, pihaknya sebagai peserta Diklatpim IV ada gagasan dan inovasi yang dibuat untuk program jangka pendek.

"Saya mempunyai gagasan proyek perubahan aplikasi pengembalian barang bukti dan barang rampasan, antusias secara umum banyak yang memberi masukan dan pertanyaan, hal itu diperlukan agar Kejaksaan Negeri Cianjur lebih baik lagi," kata Ema, Kamis (8/8/2019).

Ema mengatakan program tersebut tanpa dipungut biaya. Pada kesempatan itu diundang desa percontohan di antaranya desa Cimacan, Sindangjaya, dan Ciloto.

"Kami undang dulu desa percontohan, hal ini terkait optimalisaIisasi pengembalian barang bukti bagaimana sampai ke masyarakat," katanya.

Komplotan Maling Ini Hanya Mencuri Mobil Pikap, Tidak Mau Mobil Lain, Ternyata Ini Alasannya

Menurutnya program kerja yang akan diimplementasikan agar menjangkau masyarakat yang tak tahu alur dan mekanisme pengambilan barang bukti yang telah inkrah atau mempunyai kekuatan hukum tetap.

"Terkait bagaimana cara warga mengetahui detilnya akan ada launching buku panduan, ada alur bagaimana pemilik barangbukti mengambil barang milik mereka," katanya.

Ketua Apdesi Kabupaten Cianjur, Beni Irawan, mengatakan pihaknya sangat mendukung program Kejaksaan.

Canda Ahok BTP Setelah Keluar Penjara, Bebas tapi Tak Bebas, Justru Lebih Enak Saat di Mako Brimob

Menurutnya memang ini awam bagi warga terkait pengembalian barang bukti sinergi di tingkat desa yang dilakukan secara online.

"Kami akan mendukung semoga ini bisa berjalan dengan baik dan dirasakan manfaatnya oleh warga," kata Beni.

Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Ichsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved