RumahDiskusi.id Inisiasi Penyediaan Diskusi Daring untuk Guru dan Siswa

RumahDiskusi.id merupakan sebuah platform diskusi daring yang dikembangkan dan dikelola oleh tim dosen Prodi D IV Teknik Informatika Poltek Pos

RumahDiskusi.id Inisiasi Penyediaan Diskusi Daring untuk Guru dan Siswa
Istimewa
RumahDiskusi.id 

TRIBUNJABAR.ID - Sejak akhir 2018 Rumahdiskusi.id telah melakukan upaya penjajakan kerja sama dengan berbagai institusi penyelenggara pendidikan terkait dengan rencana implementasi diskusi daring untuk guru dan siswa di lingkungan satuan pendidikan dasar.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk menggali informasi tentang requirement system agar sistem informasi ini nantinya dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan.

RumahDiskusi.id merupakan sebuah platform diskusi daring (online) yang dikembangkan dan dikelola oleh tim dosen Program Studi Diploma IV Teknik Informatika Politeknik Pos Indonesia yang bertujuan untuk mengupayakan diseminasi informasi pendidikan berbasis teknologi.

Melalui program hibah PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat) STIMULUS Kementrian RISTEKDIKTI tahun 2019 ini, RumahDiskusi.id berhasil mendapatkan pendanaan dan berkesempatan untuk melaksanakan kegiatan diseminasi dan implementasi platform ini di SDN ADETEX Banjaran Bandung.

“Ini adalah momentum yang tepat untuk menyadarkan kepada semua,  bahwa teknologi harusnya mampu menunjukkan perannya bagi dunia pendidikan tak terkecuali pendidikan dasar," ungkap Aan Anwar, Kepala Sekolah SDN ADETEX. Dia mensinyalir bahwa ada kesenjangan atas pemanfaatan teknologi dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah dasar.

Penelitian Tim Poltek Pos Indonesia, Desa Kebonjati Sumedang Bakal Jadi Desa Smart

Tapi dia juga tidak menampik bahwa faktor kurangnya sumber daya manusia dan ketersediaan infrastruktur menjadi permasalahan yang perlu segera dipecahkan bersama. “Karena itu, Kami sangat gembira sekaligus men-support atas rencana implementasi platform ini untuk mendukung PBM di sekolah Kami” lanjutnya.

Rencana implementasi platform ini oleh tim RumahDiskusi.id dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu : observasi, perancangan, sosialisasi, pelatihan dan pendampingan pengoperasian selama 3 bulan ke depan. Adapun target penggunanya meliputi guru, siswa dan administrator sekolah.

Ketua tim RumahDiskusi.id, Muhammad Yusril Helmi Setyawan mengatakan :”konsep observational learning selalu menginspirasi seorang pembelajar melakukan modelling dalam pengembangan interpersonal kognitifnya. Dalam pembelajaran klasik,  Jika guru adalah salah satu role model, maka siswa  akan menjadikannya sebagai rujukan. Teknologi dapat menyederhanakan sosio kognitif sekaligus mengendalikannya”. 

D4 Teknik Informatika Politeknik Pos Indonesia Pamer Produk Inovasi

Melalui platform ini, proses modelling akan terjadi secara terus menerus tanpa harus ditandai dengan pertemuan secara fisik antara guru dan siswa di sekolah karena interaksi  dapat dilakukan dimana pun dan kapanpun melalui daring. “Kemudahan yang ditawarkan tidak hanya tentang komunikasi antara guru dan siswa, namun bagi para stakeholder juga dapat memanfaatkannya untuk hal-hal lain terkait kinerja dan kompetensi.” Tambah Harry K. Saputra, anggota tim.

Dalam berbagai kesempatan pertemuan, kedua belah pihak berharap program ini dapat berlangsung dengan baik dan dapat dimanfaatkan oleh sekolah-sekolah serupa untuk bergabung dalam rangka crowdsourcing menghimpun sumber belajar bersama. (*)

Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved