Penelitian Tim Poltek Pos Indonesia, Desa Kebonjati Sumedang Bakal Jadi Desa Smart

Penelitian Tim Poltek Pos Indonesia, Desa Kebonjati Sumedang Bakal Jadi Desa Smart

Penelitian Tim Poltek Pos Indonesia, Desa Kebonjati Sumedang Bakal Jadi Desa Smart
Istimewa
Dosen dan mahasiswa Politeknik Pos Indonesia berfoto bersama di Desa Kebonjati, Sumedang Utara, Jawa Barat. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Penelitian dosen dan mahasiswa Politeknik Pos Indonesia di Desa Kebonjati, Sumedang Utara, Jawa Barat, menemukan banyak potensi yang bisa menjadi dikembangkan oleh warga setempat menjadi sumber penghasilan.

Sumber-sumber yang bisa dikembangkan menjadi sumber penghasilan warga itu di antaranya potensi pariwisata di Gunung Kacapi.

Di Gunung Kacapi sering digelar lomba panjat tebing tingkat nasional. Namun, masyarakat Sumedang belum menyadari bahwa hal tersebut memiliki potensi besar untuk pariwisata dan lomba tingkat nasional yang mendatangkan banyak orang.

"Selain itu ada limbah tahu yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah tangga, yaitu gas yang belum terdistribusi, serta masih banyak yang lain yang tidak bisa disebutkan," ujar
Roni Andarsyah, ketua peneliti dari Politkenik Pos Indonesia, di sela diskusi Kebutuhan Pelayanan Sistem Informasi Desa yang dilaksanakan di Kantor Desa Kebonjati, Sumedang Utara, di ruang Sekretariat Desa Kabonjati, Sumedang Utara, Jawa Barat, Kamis (28/3/2019).

Roni tidak sendiri. Dia ditemani oleh M Harry K Saputra selaku anggota peneliti serta mahasiswa yang membantu proses pengumpulan data di desa.

Acara diskusi tersebut dihadiri oleh Kepala Desa, Ketua LPM, Karangtaruna, dan Tokoh Masyarakat lainnya.

Roni mengatakan, “kegiatan penelitian ini adalah salah satu tugas Tridarma Perguruan Tinggi yang wajib dilakukan oleh setiap dosen di perguruan tinggi, yang nantinya akan menjadikan para dosen lebih peduli apa yang terjadi di dunia luar tentang kebutuhan yang sampai saat ini belum di miliki.”

Dari hasil penelitian tersebut, diharapkan Desa Kebonjati dapat menjadi role model bagi desa lainnya di Sumedang. Sebab, adanya sistem informasi desa dapat memberikan informasi apa saja yang ada di desa tersebut.

Kepala Desa Kebonjati, Deddy Daryono, mengatakan, kedatangan tim Politeknik Pos Indonesia ke desanya sangat positif.

"Kami bangga dengan adnya tim Poltekpos karena ini sudah menjadi cita-cita, kami menginginkan sebuat website. Harapan kami adanya perancangan sistem informasi desa ini bisa benar-benar mendongkrak apa yang diinginkan desa secara khusus dan secara umum oleh masyarakat Desa Kebonjati," ujarnya.

Halaman
12
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved