Musim Kemarau, Petani Padi di Kota Cimahi Beralih Tanam Sayuran

Sejumlah petani di Kampung Pasir Kiara, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi yang asalnya

Musim Kemarau, Petani Padi di Kota Cimahi Beralih Tanam Sayuran
Tribunjabar/Hilman Kamaludin
Kondisi sawah di Kampung Pasir Kiara, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi saat ini. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Sejumlah petani di Kampung Pasir Kiara, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi yang asalnya menanam padi saat ini mulai beralih menjadi menanam sayuran.

Hal tersebut dilakukan para petani karena, lahan seluas 15 hektare itu saat ini sudah mulai mengering akibat musim kemarau, sehingga jika tetap ditanam padi mereka khawatir akan gagal panen.

Pantauan Tribun Jabar, Selasa (16/7/2019), lahan sawah di Pasir Kiara memang sudah terlihat kering, sehingga para petani mulai mempersipkan untuk menanam sayuran. Bahkan, sebagian lahannya sudah beralih ditanam sayuran burkoli.

Seorang petani Darwita (55), mengaku setelah panen padi kali ini, ia sudah berencana untuk beralih menanam sayuran karena khawtir jika dipaksakan tanam padi akan gagal panen.

"Iya sawah sudah kering seperti ini, jadi saya sudah berencana untuk menanam sayuran karena kalau tanam padi hasilnya tidak akan bagus ketika musim kemarau panjang," ujarnya saat ditemui di lahan sawahnya.

Diperiksa Seharian, Lima Tersangka Kasus Korupsi Jembatan Cisinga Tasikmalaya Dijebloskan ke Bui

Petani yang lainnya, Hermawan (47) mengatakan sawah di Kampung Pasir Kiara sudah mengalami kekeringan sejak dua bulan lalu dan saat musim kemarau kondisi tanaman padi dalam kondisi hijau, bahkan ia harus memanen padinya secara dini.

"Kemungkinan saat musim kemarau akan ditanam sayuran agar hasilnya lebih bagus dari tanaman padi," katanya.

Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Cimahi Utara, Rani Kurniati membenarkan, untuk mengisi lahan pertanian dimusim kemarau ini para petani di sawah Kampung Kiara mulai beralih ke tanaman sayuran.

"Rencananya lahan pesawahan disana (Kampung Kiara) memang akan ditanam palawija, yaitu ubi jalar," ujarnya saat dikonfirmasi.

Penyebab sawah di Pasir Kiara sendiri mendapat pasokan air dari daerah irigasi Cijanggel, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB), namun sejak sekitar dua bulan lalu sawah di sana tidak teraliri air.

Konflik Menteri Hukum vs Wali Kota Tangerang, Kemenkumham Laporkan Pemkot Tangerang ke Polisi

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved