Buaya Muara 100 Kg dari Leuwimunding Masih disimpan di Ciamis, Perilakunya Akan Diperiksa

Buaya muara dari Leuwimunding Majalengka itu sudah empat hari berada di Ciamis, yakni sejak Senin (1/7/2019).

Buaya Muara 100 Kg dari Leuwimunding Masih disimpan di Ciamis, Perilakunya Akan Diperiksa
Tribun Jabar/Andri M Dani
Buaya muara dari Leuwimunding Majalengka sampai Jumat (5/7/2019) masih disimpan di Kantor BKSDA Wilayah III Jabar di Komplek Perkantoran Kertasari Ciamis. Buaya muara berbobot 100 kg dan panjang tubuh 2 meter tersebut diserahkan pemiliknya secara sukarela Senin (1/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS– Buaya muara (crocodylus porosus) dari Leuwimunding Majalengka ke BKSDA Wilayah III Jabar sampai Jumat (5/7/2019) masih disimpan di Kantor BKSDA Wilayah III Jabar di Kompleks Perkantoran Kertasari Ciamis.

Buaya muara dari Leuwimunding Majalengka itu sudah empat hari berada di Ciamis, yakni sejak Senin (1/7/2019).

“Kami masih menunggu kedatangan dokter hewan untuk memeriksa kondisi kesehatan buaya muara (dari Leuwimunding Majalengka) ini,” ujar Dede Nurhidayat petugas pengendali ekosistem hutan BKSDA Wilayah III Jabar kepada Tribun Jumat (5/7).

Buaya muara dengan bobot sekitar 100 kg dan panjang tubuh 2 meter tersebut diperkirakan sudah dipelihara sejak kecil.

“Nanti kejelasannya dari dokter hewan yang akan memeriksa kesehatan dan perilakunya. Sampai saat ini kami belum tahu persis riwayat buaya ini, sudah berapa lama dipelihara dan di mana asal usulnya. Yang pasti buaya ini diserahkan secara sukarela oleh pemiliknya dari Majalengka,” katanya.

Pergoki Nenek Mencuri Beras di Tokonya & Videonya Viral, Titin Pilih Tak Lapor Polisi, Ini Alasannya

Viral Nenek Curi Beras Dua Karung di Cirebon, Begini Kata Pemilik Toko

Buaya muara dari Leuwimunding Majalengka sampai Jumat (5/7/2019) masih disimpan di Kantor BKSDA Wilayah III Jabar di Komplek Perkantoran Kertasari Ciamis. Buaya muara berbobot 100 kg dan panjang tubuh 2 meter tersebut diserahkan pemiliknya secara sukarela Senin (1/7/2019)
Buaya muara dari Leuwimunding Majalengka sampai Jumat (5/7/2019) masih disimpan di Kantor BKSDA Wilayah III Jabar di Komplek Perkantoran Kertasari Ciamis. Buaya muara berbobot 100 kg dan panjang tubuh 2 meter tersebut diserahkan pemiliknya secara sukarela Senin (1/7/2019) (Tribun Jabar/Andri M Dani)

Informasi sementara buaya tersebut sempat dipelihara di rumah disimpan di bawah meja.

Setelah ada pengecekan kesehatan dan prilaku dari dokter hewan, kata Dede, nanti baru bisa direkomendasikan apakah akan dilepas liarkan atau diserahkan ke Pusat Penyelamatan Satwa (PPS)  Cikananga.      

BKSDA Wilayah III Jabar mengimbau warga yang memelihara satwa agar menyerahkannya ke BKSDA secara sukarela.

Bila ditemukan masih ada satwa yang dilindungi dipelihara, disimpan, diperjual belikan tentu sanksi hukuman kurungan 5 tahun penjara menanti sesuai ketentuan UU No 5 tahun 1990.

BKSDA Wilayah III Jabar meliputi 7 kabupaten /kota di Jabar yakni Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan.

Si Abah, Macan Tutul Penguasa Hutan Gunung Sawal Ciamis Terpantau Kamera, Begini Penampakannya

Setelah Ditimbun, Untuk Kelima Kalinya Arkeolog Kembali Mengeskavasi Candi Ronggeng di Ciamis

Penulis: Andri M Dani
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved