Anak yang Idap Penyakit Misterius di Cimahi Butuh Bantuan, Belum Ada Perhatian dari Pemkot Cimahi

Mereka membutuhkan bantuan pengobatan penyakit misterius anaknya karena ayah Rifki, Dede Hidayat (40), hanya bekerja sebagai loper koran.

Anak yang Idap Penyakit Misterius di Cimahi Butuh Bantuan, Belum Ada Perhatian dari Pemkot Cimahi
Tribun Jabar/ Hilman kamaludin
Rifki Mulyanudin (11) hanya berbaring lemah di kediamannya di Kampung Bobojong RT 6/15, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Orang tua Rifki Mulyanudin (11), bocah yang mengidap penyakit misterius hingga mengalami kelumpuhan, membutuhkan bantuan dan berharap mendapat perhatian dari Pemerintah Kota Cimahi.

Mereka membutuhkan bantuan karena ayah Rifki, Dede Hidayat (40), hanya bekerja sebagai loper koran yang pendapatannya hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Padahal ada biaya tambahan meskpiun sudah menggunakan surat keterangan tidak mampu (SKTM).

Akibat penyakit yang hingga saat ini belum terdeteksi, Rifki harus melakukan terapi akupuntur dan kontrol rutin ke puskesmas dan RSHS Bandung setiap bulan dengan biaya tambahan sendiri.

"Kami berharap Pemkot Cimahi harus bisa lebih memperhatikan warga yang butuh bantuan jangan pilih kasih," ujarnya saat ditemui di kediamannya Kampung Bobojong RT 6/15, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi, Kamis (4/7/2019).

Ketua RT 6, Mulyono, mengatakan, pihaknya sudah beberapa kali mengajukan nama keluarga Dede untuk mendapat JKN-KIS ke Pemkot Cimahi, namun hingga saat ini belum ada tindakan apapun.

"Mereka belum pernah menerima JKN-KIS, sudah diajukan sejak pertama sakit, padahal keluarga Dede termasuk tidak mampu. Rumah mereka juga bukan rumah sendiri," katanya

Ia mengatakan, keluarga Dede sudah dicek oleh Dinsos Kota Cimahi, tapi tidak terdaftar sebagai keluarga tidak mampu, sehingga sulit untuk mendapat bantuan dari Pemerintah Kota Cimahi.

Baru Bebas dari Penjara, Pria Ini Rampok Mobil untuk Pulang, Sekarang Dipenjara Lagi

Viral Kakek 92 Tahun Nikahi Nenek 79 Tahun di Yogyakarta, Cinta Bersemi karena Kayu Bakar

"Kami berharap ada perhatian dari Pemerintah Kota Cimahi karena mereka keluarga kurang mampu. Bantuan itu agar Rifki bisa sembuh dan sekolah lagi seperti dulu," katanya.

Anggota DPRD Kota Cimahi, Enang Sahri Lukmansyah yang datang ke rumah Rifki, mengatakan, Pemkot Cimahi seharusnya memang perlu memberikan perhatian kepada keluarga tersebut.

"Warga ini sudah beberapa kali mengajukan bantuan tapi tidak dapat, padahal sakit sudah lama dan tidak mampu, kasihan anaknya akibat sakit jadi terhambat pendidikannya," ujar Enang.

Atas hal tersebut, pihaknya meminta agar Pemkot Cimahi memperbaiki pendataan warga tidak mampu, seperti database warga miskin tidak sesuai dengan di lapangan.

"Kami harap ada perbaikan pendataan dari Pemkot Cimahi dengan melibatkan kader setempat sehingga penerima bantuan betul-betul warga yang memang membutuhkan," katanya.

Viral di Media Sosial, Wanita Hajar dan Lempari Sopir Bos dengan Botol, Ternyata Gara-gara Ini

Anak Loper Koran di Cimahi Idap Penyakit Misterius, Setahun Lumpuh, Kakinya Seperti Tinggal Tulang

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved