Serba Serbi Tribun

Begini Asal Usul Merpati Jayabaya yang Terjual Hingga Rp 1 Miliar

Aristyo Setiawan (32) warga Jalan Cisaranten, Kota Bandung mendadak jadi miliuner lantaran burung merpati

Istimewa
Merpati Jayabaya milik Aristyo Setiawan (32), warga Kota Bandung, terjual Rp 1 miliar. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Aristyo Setiawan (32) warga Jalan Cisaranten, Kota Bandung mendadak jadi miliuner lantaran burung merpati milknya yang diberi nama "Jayabaya" terjual dengan harga Rp 1 miliar.

Aris sapaan Aristyo, mengaku pemilik pertama burung merpati Jayabaya itu merupakan temannya bernama Iksan berasal dari Ciparay, Kabupaten Bandung dan membeli awal tahun 2018.

Aris menceritakan asal keturunan merpati Jayabaya tersebut merupakan perkawinan burung merpati jantan milik Aris dan burung merpati betina milik temannya Iksan.

Hasilnya, merpati betina itu bertelur dan menetaskan dua merpati jantan dan dua merpati betina.

Lalu Aris dan Iksan sepakat untuk membagi keempat anak burung merpati tersebut, temannya itu kebagian burung merpati Jayabaya itu.

Ayah yang Hamili Anak Kandung Tak Menunjukkan Penyesalan, Sebut Bayi yang Lahir Itu Anak Bungsunya

"Jayabaya itu saya beli dari teman saya bernama Iksan di Ciparay, Kabupaten Bandung sebetulnya Jayabaya itu masih ternakan saya juga. Jadi bapaknya itu punya saya, kita kongsi nih dia keluar anaknya empat dibagi dua, Jayabaya ini ada di teman saya," ujar Aris kepada Tribun Jabar di Kandang Embatama, Jalan Cisaranten, Kota Bandung, Selasa (2/7/2019).

Setelah itu, Burung Merpati Jayabaya mengikuti lomba tingkat lokal, regional, dan nasional.

Di situ awal mula Aris untuk membeli Jayabaya dengan harga Rp 50 juta dari Iksan.

"Dia nawarin ke saya, karena dia (Iksan) sudah komitmen sama saya, dia enggak jual ke yang lain. Saya ada rezeki, ya udah saya beli, dulu saya beli Rp 50 juta," ujarnya.

BREAKING NEWS: Roberto Firmino Gandakan Keunggulan Brasil atas Argentina di Semifinal Copa America

Terkait penamaan Jayabaya, Aris mengatakan nama itu diberi temannya Iksan. Menurutnya, nama Jayabaya diambil dari pewayangan yang merupakan raja asal Kediri.

"Saya juga enggak tahu soalnya itu, yang namainya teman saya itu. Tapi katanya Awalnya namanya itu Arjuna, diambil dari pewayangan tapi takut ketinggian, jadi namanya Jayabaya asalnya dari raja Kediri," ujarnya.

Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved