SMK Bahagia Bandung Konsisten Datangkan Guru-guru dari Luar Negeri

Kepala Sekolah SMK Bahagia Bandung, Jojo Sudarjo, beberapa bagian dari kerja sama itu di antaranya menghadirkan tenaga pendidik asing.

SMK Bahagia Bandung Konsisten Datangkan Guru-guru dari Luar Negeri
Cipta Permana
Seorang tenaga pengajar asing sedang memberikan materi terkait kepariwisataan kepada para siswa di SMK Bahagia, Jalan Kliningan III Nomor 11, Bandung, Selasa (2/7/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- SMK Bahagia Bandung terus memperluas kerja sama dengan beberapa stakeholder kepariwisataan di dalam dan luar negeri.

Upaya ini untuk meningkatkan kualitas siswa di tengah besarnya permintaan pasar pada sektor pariwisata dan teknologi di era revolusi industri 4.0 ini.

Kepala Sekolah SMK Bahagia Bandung, Jojo Sudarjo, beberapa bagian dari kerja sama itu di antaranya menghadirkan tenaga pendidik asing.

“Alhamdulillah, kerja sama dengan lembaga kepariwisataan dalam negeri sudah terjalin, bahkan dengan luar negeri pun sangat baik. Lihat saja, para tenaga pendidik di sekolah kami, ada yang berasal dari Jepang, Amerika, dan Rusia. Semua memberikan materinya dengan baik kepada para siswa,” ujarnya saat ditemui di SMK Bahagia, Jalan Kliningan III Nomor 11, Bandung, Selasa (2/7/2019).

Jojo menjelaskan para tenaga pendidik asing bertugas selama setahun secara bergiliran. Guru pengganti belum tentu berasal dari negara yang sama.

“Nah kalau ini, mereka kan kerja sama kita selama setahun, kalu sudah habis mereka pulang. Untuk tahun berikut, kita datangkan lagi tapi belum tentu dari negara yang sama. Untuk yang dari Jepang sudah pasti datang setiap tahun,” ucapnya.

Putri Ridwan Kamil Masuk ke SMAN 3 Bandung, Pihak Sekolah: Tak Ada Perlakuan Istimewa

VIDEO-Kasus Daftar Sekolah Pakai KK Bodong, Disdik Diskualifikasi 2 Anak

Kehadiran dan keberadaan guru asing tersebut, ucapnya, sangat membantu para siswa untuk berlatih native speaker atau bahasa asing sesuai negara asalnya guru-guru itu.

Ada juga pengenalan kebiasaan serta kebudayaan masyarakat di tempat asal mereka. Dengan demikian, ketika para lulusannya bekerja di negara tersebut, sudah memiliki bekal pengetahuan dan keterampilan guna mendukung karirnya.

Selain itu, dengan pola pengajaran seperti ini dapat memberikan nilai tambah bagi siswa SMK Bahagia, mampu memiliki keahlian ganda serta kompetitif.

“Kita didik misalnya siswa di jurusan akomodasi perhotelan, mereka tidak hanya memiliki pengetahuan soal hotel dan manajemen tapi juga kemampuan menjalankan sistem aplikasi komputer perhotelan. Begitu juga di jurusan lainnya seperti TKJ dan Jasa Boga,” ujar Jojo.

SMK Bahagia membuka seluas-luasnya kesempatan bergabung bagi calon peserta didik baru yang memiliki ketertarikan dalam hal bidang kepariwisataan dan teknologi.

Seiring berakhirnya masa penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2019, SMK Bahagia hanya menyisakan puluhan slot untuk siswa baru.

"Karena hanya tinggal sedikit lagi untuk dapat melengkapi target, jadi silakan segera daftarkan diri sampai batas masa PPDB 2019 berakhir," katanya. 

Penulis: Cipta Permana
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved