20 Jembatan Gantung Warna Warni Akan Dibangun di Pelosok Jawa Barat

Melalui program Jantung Desa, DPMD segera membangun 20 jembatan gantung di sejumlah kabupaten dan kota di Jawa Barat.

20 Jembatan Gantung Warna Warni Akan Dibangun di Pelosok Jawa Barat
Tribun Jabar/Isep Heri
Sejumlah warga Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya menyeberangi Sungai Cipatujah menggunakan jembatan gantung yang menghubungkan Desa Cipatujah dan 5 desa lainnya, Kamis (8/11/2018). Jembatan gantung ini digunakan sebagai jalur alternatif setelah jembatan utama, Jembatan Pasangrahan ambruk diterjang banjir bandang pada Selasa (6/11/2018) lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa meluncurkan program Jembatan Gantung Desa atau Jantung Desa.

Melalui program ini, DPMD segera membangun 20 jembatan gantung di sejumlah kabupaten dan kota di Jawa Barat.

Kepala DPMD Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan pemilihan lokasi pembangunan jembatan gantung didasarkan skala prioritas.

Ada dua prioritas yang ditentukan DPMD Jawa Barat, yakni akses sekolah dan aktivitas ekonomi. Tujuan utama program Jantung Desa diluncurkan untuk mempermudah akses sekolah dan konektivitas antardesa.

“Aspek prioritas tinggi itu, kalau misalnya, jembatan gantung sudah dibangun maka akses sekolah tidak terhambat. Ada juga pertumbuhan ekonomi yang menghubungkan desa A dan desa B, itu yang kita prioritaskan,” kata Dedi Supandi di Bandung, Sabtu (22/6/2019).

Berkat skala prioritas, DPMD Jawa Barat dapat menentukan 20 lokasi dari 84 lokasi yang diusulkan masyarakat. Menurut Dedi Supandi, selain mengutamakan skala prioritas berdadarkan ajuan, pihaknya pun melakukan peninjauan langsung ke lokasi.

“Pencarian lokasi sebetulnya sudah masuk lewat usulan. Usulan ada yang masuk ke Pak Gubernur (Ridwan Kamil), ada yang lewat media sosial BPMD disertai foto-foto. Sampai sekarang itu, sudah ada 84 usulan. Dari 84 usulan ini, kita lakukan peninjauan lokasi,” katanya.

Virus Strawberry Latent Ringspot Asal Eropa Berbahaya, Dapat Mengkerdilkan Tanaman Sayuran dan Buah

Kondisi Agung Hercules Drop, Ini Bedanya Kanker Otak Pelantun Astuti dari Jenis Kanker Otak Lainnya

Program Jantung Desa juga berupaya mengembangkan potensi wisata desa. Maka tidak heran apabila jembatan gantung yang dibangun via program Jantung Desa mempunyai desain menarik dengan warna-warna yang cerah.

Dedi Supandi mencontohkan salah satu jembatan gantung di Cirebon. Jembatan gantung tersebut, kata dia, mampu menyedot animo masyarakat untuk berkunjung, baik untuk berswafoto atau melakukan foto pranikah.

“Jembatan gantung desa sudah dijadikan warga sebagai tempat selfie dan bahkan prewedding dilakukan dengan latar belakang jembatan gantung desa. Itu bisa meningkatkan indeks kebahagiaan masyarakat,” ucapnya.

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved