Arus Balik Lebaran 2019

One Way Arus Balik Mulai Diberlakukan Pukul 14.05, dari GT Kalikangkung Sampai Cikampek Utama

One way arus balik di Tol Trans Jawa mulai diberlakukan. Dari GT Kalikangkung sampai Cikampek Utama.

One Way Arus Balik Mulai Diberlakukan Pukul 14.05, dari GT Kalikangkung Sampai Cikampek Utama
Tribun Jabar/Haryanto
Situasi GT Cikatama saat one way mulai diberlakukan dari GT Kalingkangkung pada Jumat (7/6/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto

TRIBUNJABAR.ID, KARAWANG - Rekayasa arus lalu lintas berupa one way pada periode arus balik telah diberlakukan pada Jumat (7/6/2019) pukul 14.05 WIB.

Rekayasa lalin satu arah ini dilakukan dimulai dari KM 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung hingga KM 70 GT Cikampek Utama.

Corporate Communications Department Head PT Jasa Marga, Irra Susiyanti, mengatakan pemberlakuan one way ini mundur dua jam dari rencana awal pada Pukul 12.00 WIB.

"Hal itu karena mempertimbangkan ramainya lalu lintas di kedua arah, baik arah Jakarta maupun arah Cikampek, yang masih seimbang hingga menjelang tengah hari tadi," kata Irra Susiyanti saat ditemui di Pos Jasa Marga GT Cikatama.

Ia menambahkan, penundaan jam one way di hari pertama arus balik ini disebabkan oleh masih banyaknya masyarakat yang ada di sejumlah rest area.

Di rest area di jalur tol arah Cikampek, masyarakat melakukan salat Jumat sekaligus istirahat sehingga pembersihan rest area untuk one way dilaksanakan setelah waktu salat Jumat selesai.

Selama rekayasa lalin tersebut, Jasa Marga sebagai pengelola jalan tol telah menyiapkan sejumlah skenario pengaturan untuk operasional GT Cikatama.

Skenario tersebut salah satunya berupa GT Barrier yang diberlakukan selama pelaksanaan one way.

"Sejak pukul 11.25 WIB, Jasa Marga telah mengoperasikan tambahan Oblique Approach Booth (OAB) sejumlah empat unit sehingga saat ini GT Cikampek Utama memiliki total 29 Gardu Operasi untuk bertransaksi," ujar dia.

Selain itu, untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan tol dari arah Cikampek menuju Jakarta saat one way ini, di GT Cikatama mengoperasikan mobile reader.

Setidaknya ada 25 petugas mobile reader di GT Cikatama yang ditugaskan secara tandem, sehingga dapat melayani arus balik Lebaran dengan maksimal.

Karena masih terpantau masih ramai arus lalin dari arah Cikampek yang akan melalui GT Cikatama, Jasa Marga masih mengoperasikan sebanyak empat gardu di GT Cikatama menuju Cikopo.

"GT Cikatama masih menerima lalu lintas dari Jakarta menuju Cikampek, ada empat gardu yang masih beroperasi tapi pelaksanaannya situasional dan akan selalu dievaluasi," ucapnya.

Jalur Kadungora-Garut Macet, Polisi Berlakukan One Way untuk Mengurai Kemacetan

Penulis: Haryanto
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved