Operator Raksasa Jepang Tertarik Kembangkan IoT di Bidang Ini Bersama PT Telkom di Indonesia

Operator telekomunikasi raksasa asal Jepang, Softbank Corp, tertarik menggarap pengembangan Internet of Things (IoT) di Indonesia.

Operator Raksasa Jepang Tertarik Kembangkan IoT di Bidang Ini Bersama PT Telkom di Indonesia
Istimewa
Operator telekomunikasi raksasa asal Jepang, Softbank Corp, tertarik kerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) untuk mengembangkan IoT di Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNAJABAR.ID, BANDUNG - Operator telekomunikasi raksasa asal Jepang, Softbank Corp, tertarik menggarap pengembangan Internet of Things (IoT) di Indonesia.

Untuk mengembangkan IoT di Indonesia, Softbank menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) sebagai partner di Indonesia.

SoftBank sangat tertarik bekerja sama dengan Telkom sebagai mitra go to market dari solusi IoT/Smart City Telkom ke berbagai negara, yang mana Telkom Internasional (Telin) bisa berperan sebagai CFU (Customer Facing Unit) dan business owner dalam kerja sama dengan SoftBank.

Kerja sama Softbank dengan Telkom merupakan lanjutan dari kunjungan SoftBank Corp, Jepang yang diwakili para pejabat dari Global Business Strategy Division yang bergerak di bidang telekomunikasi dan digital.

Aplikasi Ini Bisa Bantu Awasi Sektor Jasa Keuangan Berbasis Teknologi

Pihak Telkom sendiri diwakili Bidang IoT Platform Divisi Digital Service (DDS), Telin Carrier Enterprise Sales, dan tuan rumah Smart City Development Digital Government Service (DGS).

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk menjajaki kemungkinan kerja sama di bidang IoT dan smart city, setelah kedua pihak sebelumnya bertemu dalam sebuah konferensi terkait IoT dan smart city di Bangkok, Maret lalu.

Operator telekomunikasi raksasa asal Jepang, Softbank Corp, tertarik kerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) untuk mengembangkan IoT di Indonesia.
Operator telekomunikasi raksasa asal Jepang, Softbank Corp, tertarik kerja sama dengan PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) untuk mengembangkan IoT di Indonesia. (Istimewa)

Dalam kunjungan itu, SoftBank memaparkan kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan selama ini berupa solusi IoT dan smart city yang sudah berjalan ke berbagai negara.

Pihak Telkom juga memaparkan solusi-solusi IoT yang sedang dikembangkan, yaitu dalam bidang transportasi (Smart Airport, GPS RTK), Industry 4.0 (Kimia Farma), dan Smart City (Bali Smart Island).

SoftBank memaparkan kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan selama ini berupa go to market untuk solusi IoT dan Smart City ke berbagai negara karena mereka mempunyai banyak klien.

Halaman
12
Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved