Jadi Favorit Pemudik, 6,4 Juta Orang Akan Naik Kereta Api di Mudik Lebaran 2019

Kereta api menjadi favorit bagi pemudik di tahun ini. Diperkirakan 6,4 juta orang akan mudik pakai kereta api.

Jadi Favorit Pemudik, 6,4 Juta Orang Akan Naik Kereta Api di Mudik Lebaran 2019
Tribunnews.com/Rizal Bomantama
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi 

TRIBUNJABAR.ID - Kereta api tahun ini menjadi moda transportasi favorit bagi pemudik.

Hal tersebut dikatakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Kementerian Perhubungan, pada Minggu (26/5/2019) pagi menggelar apel persiapan pengamanan dan angkutan Lebaran 2019, di Stasiun Gambir, Jakarta.

Ia mengatakan, dari data yang diperoleh ada peningkatan hingga 3,4 persen dari jumlah pemudik yang menggunakan kereta api tahun lalu.

Di mana pada tahun lalu berjumlah 6,2 juta penumpang dan saat ini di mudik 2019 mencapai 6,4 juta penumpang.

"Hal ini berdasarkan data dari PT KAI bahwa tiket-tiket kereta api untuk tujuan wilayah Jawa bagian tengah dan Jawa bagian timur sudah habis terjual untuk H- 7 dan + 8," kata Budi Karya Sumadi, Minggu (26/5/2019).

Pihaknya mengaku juga memberikan catatan penting kepada KAI di mana ada beberapa fasilitas yang harus diperbaiki guna menunjang kenyamanan bagi para pemudik yang mengunakan kereta api.

Ia meminta kepala Dirjen kereta api PT KAI agar dapat segera memperbaiki temuan tersebut, sehingga sarana dan prasarana dapat dioperasikan guna menunjang pelaksanaan angkutan Lebaran 2019.

"Hasil temuan pelaksanaan KA inspeksi dan rencek beberapa waktu yang lalu saya mendapatkan laporan masih ada beberapa fasilitas baik sarana dan prasarana kereta api yang perlu diperbaiki dan dipenuhi dengan kelengkapan persyaratan sesuai dengan peraturan yang berlaku," katanya.

Selain Untuk SDM Perkeretaapian yang bertugas, Menhub berharap ada pengawasan yang ditingkatkan terutama pengawasan daerah-daerah rawan bencana seperti banjir, longsor, ambles ataupun sekitar perlintasan sebidang yang dapat meminimalkan risiko yang mungkin timbul dari peristiwa pada lokasi tersebut.

"Saya mengapresiasi bahwa manajemen PT Kereta Api dan stakeholder adalah manajemen handal yang mampu mengatasi masalah-masalah, oleh karenanya apa yang menjadi catatan agar dapat dilaksanakan dengan baik. Tema besar mudik 2019 adalah mudik bareng lancar semoga mewarnai penyelenggaraan angkutan Lebaran di bidang Perkeretaapian," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Kereta Api Jadi Favorit Pemudik Tahun Ini Naik 3,4 Persen.

Editor: taufik ismail
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved