Polres Bandung Tangkap 5 Perampok dan Amankan 20 Unit Motor, Tersangka Kerap Beraksi Jelang Subuh

Satuan Reskrim Polres Bandung berhasil mengamankan lima tersangka ranmor spesialis kendaraan roda dua.

Polres Bandung Tangkap 5 Perampok dan Amankan 20 Unit Motor, Tersangka Kerap Beraksi Jelang Subuh
Tribun Jabar/Mumu Mujahidin
Satuan Reskrim Polres Bandung berhasil mengamankan lima tersangka curanmor spesialis kendaraan roda dua. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG- Waspadai banyak pelaku curanmor (pencurian kendaraan bermotor) berkeliaran. Para perambok tersebut kerap beraksi dinihari menjelang subuh.

Beberapa waktu lalu, Satuan Reskrim Polres Bandung berhasil mengamankan lima tersangka ranmor spesialis kendaraan roda dua.

Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan menuturkan pada Mei ini, Satreskrim Polres Bandung telah mengamankan lima tersangka spesialis ranmor kendaraan roda dua di wilayah hukum Polres Bandung. Ke lima tersangka tersebut yakni inisial IT, DS, TH, SP dan FS.

"Satreskrim Polres Bandung kemarin mengungkap sekitar 20 kendaraan roda dua. Bermula ada lima tersangka yang sudah kami amankan, dari lima tersangka tersebut diamankan 20 kendaraan roda dua," ungkap Kapolres Bandung, AKBP Indra Hermawan, di Mapolres Bandung, Soreang, Sabtu (11/5/2019).

Indra menuturkan modus operandi ke lima tersangka ini awalnya mengawasi rumah yang akan menjadi target mereka. Setelah dikira aman mereka masuk dengan membuka paksa pintu pagar dan pintu yang terkunci.

Lima Pelaku Kejahatan Ditangkap Polres Majalengka Sepekan Terakhir, Ada Pelaku Curanmor dan Jambret

Kapolda Jabar Sebut Bos Batik Tersangka Curanmor Sudah Masuk DPO

Satuan Reskrim Polres Bandung mengamankan 20 motor dari lima tersangka. Foto diambil di Mapolres Bandung, Sabtu (11/5/2019).
Satuan Reskrim Polres Bandung mengamankan 20 motor dari lima tersangka. Foto diambil di Mapolres Bandung, Sabtu (11/5/2019). (Tribun Jabar/Mumu Mujahidin)

Ketika mendapati kendaraan bermotor mereka langsung melancarkan aksinya dengan merusak dan membuka kunci motor menggunakan astag. Setelah itu, mereka langsung keluar dari rumah dan langsung kabur menggunakan motor tersebut.

"Rata-rata mereka melakuakan aksi tidak sendiri, mereka membawa temannya untuk melihat situasi di luar. Biasanya mereka beraksi di atas jam-jam menjelang subuh jam 03.00 sampai setengah lima," tuturnya.

Kelima tersangka ini terpaksa harus mempertanggungjawabkan perbuatan mereka tersebut. Mereka dijerat pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

"Imbauan kepada masyarakat, gunakan selalu kunci ganda. Kendaraan yang kerap berada di pinggir jalan atau di depan rumah, sebaiknya, dimasukkan ke rumah dan gunakan kunci ganda," katanya.

Indra melanjutkan pihaknya masih mengidentifikasi ke 20 kendaraan bermotor tersebut. Untuk nantinya diumumkan kepada masyarakat yang merasa pernah kehilangan motor dengan ciri-ciri tersebut, dan akan dikembalikan ke pemiliknya. 

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved