Ini yang Dilakukan SMKN 3 Cimahi Agar Siswanya Bisa Bersaing di Dunia Kerja

SMKN 3 Cimahi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP P1) Cimahi melaksanakan uji sertifikasi terhadap siswanya di sekolahnya

Ini yang Dilakukan SMKN 3 Cimahi Agar Siswanya Bisa Bersaing di Dunia Kerja
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Siswa SMKN 3 Cimahi saat mengikuti uji sertifikasi Kamis (4/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR ID, CIMAHI - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Cimahi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Pertama (LSP P1) Cimahi melaksanakan uji sertifikasi terhadap siswanya di sekolahnya, Jalan Permana, Kota Cimahi, Kamis (4/4/2019).

Dalam uji sertifikasi tersebut diikuti oleh siswa kelas 12 jurusan Akomodasi Perhotelan, Tata Boga dan Tata Busana setelah mereka melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Ketua LSP P1 SMKN 3 Cimahi, Tanti Sukanti, mengatakan, Uji Kompetensi Kejuruan (UKK) tersebut dilakukan, dalam upaya untuk mempersiapkan lulusannya agar dapat bersaing di dunia kerja.

"UKK ini dilakukan untuk siswa atas bantuan Kementerian Pariwisata (Kemenpar)," ujarnya saat ditemui di SMKN 3, , Kamis (4/4/2019).

Ia mengatakan, untuk pertama kalinya, SMKN 3 Cimahi melakukan UKK, setelah pihak sekolah dinyatakan lulus atau mendapat sertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

"Dalam sertifikasi itu, SMKN 3 Cimahi mendapatkan lisensi sebagai LSP P1 Cimahi. Sebelumnya kami juga ada bantuan dari Kemenpar tapi melalui LSP P3 yaitu bakti persada sudah dua tahun. Tetapi secara mandiri baru kali ini," katanya.

Dengan adanya kegiatan UKK itu, kata dia, diharapkan siswa SMK dapat bersaing didunia kerja karena sudah tersertifikasi oleh BNSP.

"Target dari UKK adalah siswa lulusan SMK dapat tersertifikasi dengan skema sesuai dengan bidangnya masing-masing," ucapnya.

Kemudian, setelah uji kompetensi itu, lanjut Tanti, diharapkan para siswa dapat memperoleh sertifikat yang kompeten berstandar nasional dan internasional dibidang masing-masing.

Ini Konsep Kewirausahaan yang Bisa Dikembangkan Generasi Muda Menurut Mendag RI

10 Jurusan Kuliah Dengan Prospek Kerja Paling Laris, Jangan Salah Pilih Jurusan Kuliah

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved