Breaking News:

Aksantara ITB Raih Juara 2 Fixed Wing pada TUBITAK International UAV Competition 2018

Pada bulan September lalu, Aksantara ITB mengikuti TUBITAK International UAV Competition 2018 yang diadakan oleh Badan Riset Sains dan Teknologi Turki

Tribun Jabar/ Resi Siti Jubaedah
Aksantara ITB berhasil meraih juara 2 kategori Fixed Wing dan peringkat 9 kategori Rotary Wing. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Resi Siti Jubaedah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Aksantara ITB adalah unit kegiatan mahasiswa yang bergerak di bidang riset dan pengembangan wahana tanpa awak.

Pada bulan September lalu, Aksantara ITB mengikuti TUBITAK International UAV Competition 2018 yang diadakan oleh Badan Riset Sains dan Teknologi Turki.

Aksantara ITB berhasil meraih juara 2 kategori Fixed Wing dan peringkat 9 kategori Rotary Wing. Pencapaian ini menjadi kebanggakan para anggota Aksantara ITB.


"Bagi Aksantara ini merupakan suatu kebanggaan karena telah mengharumkan mama ITB, dan juga mengharumkan bangsa Indonesia, semoga hasil ini dapat menjadi kebanggan bagi Bangsa Indonesia," ujar seorang mahasiswa asal Fakultas Teknis Mesin dan Dirgantara sekaligua Ketua Aksantara ITB, Nathan, saat ditemui Tribun Jabar, di Jalan Ganesha no 10, Bandung, Rabu (3/10/2018).

Pada kompetisi tersebut, ITB mengirimkan dua tim, yaitu tim Fixed Wing dan Tim Rotary Wing. Masing-masing tim terdiri dari 7 anggota dengan satu dosen pembimbing.

Aksantara ITB juga harus bersaing dengan tim lainnua yang terdiri dari 85 tim yang berasal dari Pakistan, Mesir, Turki dan Indonesia.

Pemkab Bandung Akan Panggil Pihak Ketiga Terkait Berhentinya Pembangunan PSS Majalaya

Persiapan tim membutuhkan waktu kurang lebih delapan bulan sejak bulan Febmari, dimulai dengan pembentukan tim, perancangan konsep wahana UAV, pembuatan detail wahana UAV, proses manufaktur wahana hingga perancangan sistem terbang wahana.

Setelah semua proses persiapan teknis selesai, tim mulai mempersiapkan keberangkatan seperti transportasi dan akomodasi selama di Turki.

Saat ini Aksantara ITB sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Kontes Robot Terbang Indonesia 2018 pada tanggal 5-10 November 2018 di Lampung.

Sanksi untuk Persib Bandung, Umuh Muchtar Sebut Ada yang Ingin Menjegal Persib jadi Juara

Polisi Jumpa Pers Terkait Isu Penganiayaan Ratna Sarumpaet, Tak Temukan Data Pendukung Penganiayaan

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved