Kisah Aep Suharto, Pembuat Replika, Berbisnis Sekaligus Membantu Penyandang Difabel

Untuk menuju studionya, Anda harus masuk ke gang sempit yang berada di belakang Gedung Baranangsiang, Kampung Cibunut, RT05/RW11, Kosambi, Keluruhan

Kisah Aep Suharto, Pembuat Replika, Berbisnis Sekaligus Membantu Penyandang Difabel
Tribun Jabar/ Syarif Pulloh Anwari
Aep Suharto, pembuat replika 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Syarif Pulloh Anwari

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Agak sulit mencari studio atau kantor pembuat replika tiruan milik Aep Suharto.

Untuk menuju studionya, Anda harus masuk ke gang sempit yang berada di belakang Gedung Baranangsiang, Kampung Cibunut,  RT05/RW11, Kosambi, Keluruhan Kebon Pisang, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung.

Aep Suharto adalah perajin tiruan atau replika alat peraga, alat protesa atau alat bantu, replika makanan, dan replika manusia atau patung tiga dimensi.

Aep Suharto mengatakan, awal membuat replika atau tiruan ini terinspirasi dari saat masih berkuliah. Ketika itu ia di rumah kakaknya yang berlokasi dekat perlintasan rel kereta api.

"Awalnya sering banyak terjadi kecelakaan (dekat rel kereta api), di situlah saya terinspirasi pertama kali. Awalnya membuat replika gantungan kunci berbentuk jari-jari buntung," ujar Aep Suharto saat ditemui di studionya, Jumat, (31/8/2018).

Pembuatan gantungan kunci jari buntung itu ditujukan agar semua orang berhati-hati berkendara sebelum berangkat memakai kendaraan dan melihat gantungan kunci menjadi bahan cerminan.

Inilah Sosok Pacar Angel Karamoy yang Terpaut Usia 20 Tahun, Sudah Menjalin Asmara Setahun Terakhir

Ada Ancaman, Beban Abdul Somad dan Panitia Berat Banget, Jadwal Ceramah di Jawa Dibatalkan

Aep sempat kuliah jurusan Seni Rupa Institut Teknologi Bandung (ITB) angkatan 1987.

Sempat kuliah selama tujuh tahun di ITB, Aep tidak menyelesaikan kuliahnya dan fokus membuka usaha sendiri membuat replika.

Sejak 1989, Aep membangun usahanya. Aep juga kerap mendapat pesanan tangan dan kaki palsu untuk studi mahasiswa kedokteran  STIKES dan Fakultas Kedokteran Unisba. Ia juga mendapat pesanan di luar Bandung, semisal Fakultas Kedokteran Hewan IPB dan Fakultas Kedokteran USU.

Halaman
12
Penulis: Syarif Pulloh Anwari
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved