DPRD Minta Asuransi Nelayan Ditanggung Pemkab Cirebon

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon meminta agar asuransi nelayan dapat ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon.

TRIBUN JABAR / SITI MASITHOH
Perahu nelayan terparkir di dermaga di Cirebon, (4/8/2018). Mereka memilih tidak melaut karena muncul Angin Kumbang 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cirebon meminta agar asuransi nelayan dapat ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon.

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Cirebon, R. Chakra Suseno, mengatakan bahwa pihaknya sangat berharap program asuransi nelayan ini bisa melindungi para nelayan saat bekerja di lautan.

"Memang kami tidak berharap adanya kecelakaan, tetapi setidaknya jika memang ada asuransi, saat nelayan itu terkena musibah hingga meninggal dunia, maka terdapat klaim asuransi yang bisa meringankan beban para nelayan. Makanya, kami ingin asuransi ini dimiliki oleh semua nelayan di wilayah Kabupaten Cirebon," ujarnya saat ditemui di DPRD Kabupaten Cirebon, Jumat (24/8/2018).

Ia menilai asuransi ini bisa dibiayai oleh pemerintah daerah selama adanya keinginan dari pemangku jabatan.

Sama halnya dengan pembiayaan jaminan sosial lainnya dari pemerintah, Chakra menegaskan, asuransi nelayan ini juga bisa diupayakan untuk masuk ke dalam pembiayaan daerah.

"Bisa saja (dibebankan kepada daerah) selama memang ada inovasi dari dinasnya. Kami akan dorong itu karena memang asuransi ini sangat penting buat nelayan," katanya kepada Tribun Jabar.

Ia juga berharap bantuan asuransi nelayan ini dapat tepat sasaran. Artinya, yang mendapatkan asuransi tersebut adalah buruh nelayan yaitu yang memiliki kapal di bawah 5 GT.

"Kalau di atas itu, kami inginnya menggunakan mandiri biar nelayan yang memang benar-benar kecil ini mendapatkan bantuan," pungkasnya.


Mengaku akan Dijadikan Tumbal Pesugihan, Perempuan ini Nekat Lompat dari Motor jadi Viral

Sebelumnya diberitakan, jumlah nelayan yang mendapat asuransi dari tahun ke tahun semakin menyusut.

Bahkan, asuransi nelayan tersebut belum sepenuhnya dinikmati para nelayan yang ada di Kabupaten Cirebon.

Berdasarkan data dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Cirebon, penerima asuransi nelayan untuk tahun 2018 ini hanya 505 nelayan.

Jumlah tersebut lebih sedikit dibanding tahun 2017 sebanyak 838 nelayan dan tahun 2016 sebanyak 7.918 nelayan.

Kemeriahan Menyelimuti Program Sosialiasi Pajak Daerah dan Kendaraan Bermotor BPPD Kota Bandung

Penulis: Siti Masithoh
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved