Ujung Berung Akan Dijadikan Kawasan Sundapolis

Dirinya menjelaskan secara teknis, panggung-panggung bagi para dalang wayang golek tersebut akan dilakukan secara terjadwal.

Tribun Jabar/Ferdyan Adhy Nugraha
Pertunjukan wayang golek di Alun-alun Ujungberung, Minggu (31/12/2017) 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.CO.ID, BANDUNG - Guna melestarikan kesenian tradisional wayang golek dan memfasilitasi para dalang di Kota Bandung, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung akan membuat panggung seni wayang golek di berbagai area terbuka di Kota Bandung.

Kabid Pengkajian Kebudayaan Disbudpar Kota Bandung, Tjep Dahyat mengatakan upaya tersebut seiring persiapan Kota Bandung yang akan berpartisipasi dalam Wino Cakarama Padalangan tingkat Jawa Barat.

Terlebih Kota Bandung sebelumnya berhasil mempertahankan gelar pada ajang tersebut.

"Kita sudah memprogramkan agar ruang-ruang publik di Kota Bandung akan diisi oleh seni wayang golek sebagai upaya pelestarian kesenian tradisional di tengah perkembangan teknologi saat ini di masyarakat. Ini juga memfasilitasi banyaknya para dalang yang ada di Kota Bandung," ujar Tjep ditemui dikantornya, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Selasa (2/1).

Baca: Bersiap! Pendaftaran CPNS 2018 Dibuka Februari, Ini Sebagian Bocoran Formasinya

Baca: Kurang Pemain Asing dari Asia, Manajemen Persib Bandung Tunggu Rekomendasi Pelatih

Baca: Tabrak Dua Murid SD hingga Tewas, Sopir Avanza Lolos dari Amukan Massa

Dia menjelaskan secara teknis, panggung-panggung bagi para dalang wayang golek tersebut akan dilakukan secara terjadwal.

Sehingga para dalang yang berasal dari Kota Bandung dapat berlatih dan juga tampil di khalayak umum.

"Dengan adanya panggung-panggung tersebut, maka dapat layak tampil dan layak jual. Sehingga bukan hanya untuk berlatih dan menyalurkan hobi tapi juga membantu menyejahterakan masyarakat," ucapnya.

Tjep menuturkan peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan Wino Cakarama Padalangan merupakan para 
juara tingkat kota yang sekarang dan kegiatan sebelumnya.

"Beberapa waktu lalu Kota Bandung sudah menyelenggarakan Wino Cakarama Padalangan tingkat kota dan juaranya adalah Ki Dalang Dadang Amung Sutarya," katanya.

" Pada tahun 2018 ini , Kota Bandung akan menjadi tuan rumah dari Wino Cakarama Padalangan tingkat Jawa Barat."

Selain upaya tersebut, dia menambahkan pihaknya juga akan memaksimalkan kawasan Ujung Berung sebagai bagian dari Sundapolis, untuk meningkatkan seni dan kebudayaan.

Hal tersebut terlihat dari berbagai even yang berkaitan dengan kesenian dan budaya  diselenggarakan di wilayah tersebut.

"Kita berkomitmen dengan kecamatan dan unsur muspida sehingga berbagai kegiatan seni dan budaya dapat digelar di Ujung Berung. Seperti benjang, wayang golek dan lain sebagainya," ujarnya menambahkan.(*)


Penulis: Cipta Permana
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved