Tips Menggemukan Badan bagi Si Kurus

Ada cara yang lebih aman, yaitu dengan memperbaiki pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat.

Tips Menggemukan Badan bagi Si Kurus
shutterstock
Wanita bawa makanan. 

Hati-hati, bila Anda ingin gemuk dengan cara melahap makanan dalam porsi besar. Bukannya gemuk, alih-alih malah mengundang berbagai jenis penyakit, seperti hipertensi, diabetes dan kolesterol tinggi. Ada cara yang lebih aman, yaitu dengan memperbaiki pola makan dan menerapkan gaya hidup sehat. Ini dia tips menggemukan badan untuk si kurus.

1. Makan Sering

Tak perlu makan dalam porsi besar. Sebaliknya, makan dalam porsi standar namun sering. Disarankan untuk makan tiap 2,5 jam-3 jam sekali. Akan lebih baik bila Anda makan 30 menit setelah bangun tidur. Dan untuk makan malam, sebaiknya makanlah 2 jam sebelum tidur.

2. Tambah Porsi Secara Bertahap

Jangan berharap mendapatkan tubuh lebih berisi bila porsi makan Anda hanya beberapa sendok makan saja. Namun, porsi yang terlalu besar juga tidak disarankan karena malah akan membuat Anda sebah, mual dan tidak bagus untuk kesehatan pencernaan. Sebaiknya, tambahlah porsi makan dari ke hari secara bertahap. Misal, pada minggu pertama, tambah porsi nasi sekitar seperempat dari porsi biasa. Selanjutnya, Anda bisa menambah lebih banyak lagi.

3. Makanan Beragam

Hindari hanya mengonsumsi satu jenis makanan saja, misal hanya lemak atau protein saja. Variasi makanan diperlukan untuk memperkaya nutrisi yang masuk. Dalam satu hari, Anda mesti mengonsumsi karbohidrat,  protein, lemak, mineral, dan seratnya. Berapa komposisinya?
- Asupan protein sekitar 35% dari seluruh asupan harian. Pilih protein yang rendah lemak seperti ikan, dada ayam tanpa kulit dan daging tanpa lemak. Tambahkan juga susu dan yogurt.
- Karbo sekitar 60 gram-80 gram sekali makan atau sekitar sepiring nasi merah. Anda bisa mencoba karbohidrat kompleks lain seperti roti dari gandum-ganduman, brown rice, oatmeal, pasta, kentang, gandum utuh (whole grain), dan polong-polongan.
- Lemak 30% dari seluruh asupan harian. Pilih lemak baik dan hindari trans fat. Lemak sehat di antaranya asam lemak tak jenuh ganda, omega-3 dan omega-6, dan asam lemak tak jenuh tunggal. Omega-3 berasal dari ikan, makanan laut dan kacang kenari. Sedangkan omega-6 didapat dari minyak sayur, seperti minyak kelapa dan jagung, minya biji matahari. Sedangkan asam lemak tak jenuh tunggal didapat dari minyak zaitun.
- Serat (sayuran dan buah-buahan) sekitar 5-6 porsi per hari.

4. Jauhi Gorengan

Hindari pula terlalu banyak mengonsumsi makanan yang berbahaya bagi tubuh, seperti jeroan, gorengan atau junk food. Tak hanya untuk orang gemuk, orang kurus pun ‘terlarang’ untuk mengonsumsi makanan ini. Bukannya tubuh menjadi gemuk, bisa-bisa kolesterol yang menumpuk. Makanan tak sehat tetap makanan tak sehat, yang sebaiknya dibatasi konsumsinya. 

5. Cukupi Kalori

Halaman
12
Editor: Ferri Amiril Mukminin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved