Mudik Lebaran 2016

Waspada Kejahatan Modus Bius, Hipnotis, dan Penitipan Barang saat Mudik Lebaran

Di setiap terminal dan stasiun, kami tempatkan personil. Silahkan berhubungan dengan anggota yang sudah jelas

TRIBUN JABAR/DONY INDRA RAMADHAN
Irjen Pol Bambang Waskito 

Laporan Wartawan Tribun Jabar Teuku Muh Guci S

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - Meski arus mudik masih tiga minggu lagi, Kapolda Jabar, Irjen Pol Bambang Waskito, meminta calon pemudik untuk mewaspadai kejahatan dengan modus hipnotis, bius, dan menitipkan paket berisi narkoba. Kejahatan dengan modus itu biasanya diawali dengan menawarkan sesuatu atau pura-pura kenal dengan calon korbannya.

"Ketika diberi minuman ternyata isinya bius, kemudian meminta bantuan untuk mengatarkan barang dengan iming-iming," ujar Bambang di Markas Polda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta Kota Bandung, Senin (13/6/2016).

Aksi kriminalitas seperti itu, ujar Bambang, kerap terjadi di terminal mau pun stasiun. Pemudik yang menggunakan transportasi umum, menjadi korbannya. Maka dari itu, pemudik sebaiknya tidak mudah terpengaruh dan selalu waspada.

"Di setiap terminal dan stasiun, kami tempatkan personil. Silahkan berhubungan dengan anggota yang sudah jelas," kata Bambang.

Bambang menyebut, pihaknya juga menempatkan personil di rest area baik di jalur tol maupun non tol. Hal itu untuk mencegah tindak kejahatan seperti pecah kaca, pencurian, dan penipuan.

"Kalau masih ada rasa kekhawatiran bisa manfaatkan kantor polsek dan polres untuk beristirahat," ujar Bambang. (cis)

Penulis: cis
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved