Box Office

Sokola Rimba: Kisah Inspiratif Mengajar Anak Dalam

Kisah inspiratif tentang pengalaman Butet Manurung mengajar anak-anak suku Anak Dalam di hutan Taman Nasional Bukit Dua Belas Jambi

Penulis: Isa Rian Fadilah | Editor: Kisdiantoro
web
Film Sokola Rimba 

KISAH inspiratif tentang pengalaman Butet Manurung mengajar anak-anak suku Anak Dalam di hutan Taman Nasional Bukit Dua Belas Jambi akhirnya diadaptasi menjadi film layar lebar. Diangkat dari novel berjudul sama karya Butet Manurung, film menceritakan tentang suka duka Butet mengajar dalam kondisi yang serba terbatas.

Kisah berawal ketika Butet (Prisia Nasution) terserang malaria setelah tiga tahun mengajar anak Rimba di hulu Sungai Makekal. Butet yang pingsan di tepi sungai diselamatkan oleh anak rimba dari hilir yang bernama Bungo (Nyungsang Bungo).

Kemunculan Bungo yang diam-diam selalu memperhatikan Butet mengajar, mendorong Butet untuk memperluas wilayah kerjanya hingga ke hilir. Namun, keinginan Butet ini menjadi awal maslah ketika atasan Butet di lembaga konservasi tidak menyetujui rencana ini. Belum lagi penolakan dari masyarakat Rimba di hilir yang menentang kehadirannya.

"Sokola Rimba" merupakan mahakarya dari Butet Manurung. Ketika Miles Production di bawah Mira Lesmana dan Riri Riza tertarik untuk mengangkat kisah ini ke layar bioskop, semua orang tentu antusias menunggu seperti apa hasilnya.

Film ini akan memberikan banyak aspek kehidupan yang dapat dipetik hikmahnya. Selain pentingnya mendapat pelajaran, film ini juga menunjukan bahwa semua orang memiliki derajat yang sama.

Riri pun mampu menangkap keindahan hutan Indonesia yang asri dan jauh dari polusi. Seperti dalam "Laskar Pelangi", Riri juga mampu mengarahkan anak-anak Rimba agar tampil natural di depan kamera.

Penonton juga seakan diajak untuk menyelami lebih dekat suku Rimba yang tinggal di pedalaman Jambi. Bagi anda yang mencari film yang menghibur sekaligus mendidik, film yang tayang mulai 21 November 2013 ini merupakan jawabannya. (dd)

Judul: Sokola Rimba
Pemain: Prisia Nasution, Nyungsang Bungo, Rukman Rosadi
Sutradara: Riri Riza
Naskah: Riri Riza
Produksi: Miles Production

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved