Koperasi di Kota Bandung akan Dapat Aplikasi Digital Gratis, Ini Bentuk Aplikasinya

Saat ini baru sekitar 20% dari total 150 ribu lebih koperasi yang sudah mengadopsi teknologi informasi dalam pelayanannya.

Koperasi di Kota Bandung akan Dapat Aplikasi Digital Gratis, Ini Bentuk Aplikasinya
Tribun Jabar/Siti Fatimah
HIPMI Kota Bandung melakukan MoU serta Hibah Aplikasi kepada Koperasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung, Selasa (30/4/2019) malam. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG -- Era digital saat ini diharapkan bisa dimanfaatkan koperasi agar bisa maju dan berkembang. Karena itu, pemerintah mendorong koperasi bisa menerapkan digital agar tetap mampu menjadi salah satu penggerak ekonomi rakyat.

Sejalan dengan program pemerintah tersebut, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia ( HIPMI) BPC Kota Bandung melalui Kompartemen Bidang Koperasi, UMKM, dan Tenaga Kerja berkolaborasi dengan salah satu pengurus sekaligus Founder Startup Layanan Aplikasi Koperasi untuk mendukung gerakan digitalisasi koperasi nasional, khususnya di Kota Bandung.

"Aplikasi LEMON ini adalah Layanan Elektronik Microbanking Online. Aplikasi ini diberikan secara gratis terhadap koperasi-koperasi binaan Dinas KUMKM Kota Bandung," kata Surya Batara, Ketua Umum BPC HIPMI Kota Bandung di sela acara MoU HIPMI Kota Bandung serta Hibah Aplikasi kepada Koperasi dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung, Selasa (30/4/2019) malam.

Nikmatnya Ngemil Cireng Ojay yang Dipadu Kuah Ojay Berselera dan Pedasnya Sambal Cabai Kering

Ia mengatakan, saat ini baru sekitar 20% dari total 150 ribu lebih koperasi yang sudah mengadopsi teknologi informasi dalam pelayanannya.

HIPMI berharap melalui program ini, koperasi-koperasi di Kota Bandung bisa naik kelas untuk go digital dan memberikan pelayanan yang lebih efektif, efisien, serta terpercaya.

Selain itu, katanya, dengan adanya MoU antara HIPMI dengan Dinas KUMKM Kota Bandung ini, HIPMI bersedia untuk mendukung program-program kerja Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung dalam hal peningkatan kinerja koperasi melalui event-event dan pelatihan serta peningkatan jumlah unit usaha mikro kecil dan menengah sesuai dengan visi misi HIPMI BPC Kota Bandung yaitu Bigger and Stronger.

"Adanya digitalisasi koperasi inj juga untuk mendukung program walikota Mang Oded yakni satu kelurahan sath koperasi, dan program-program walikota lainnya demi mendukung perekonomian kota Bandung yang mandiri, kuat, dan berkeadilan," katanya.

Di lokasi yang sama, Ellangga Seta, Kompartemen Pembinaan Koperasi HIPMI Kota Bandung sekaligus founder Aplikasi LEMON mengatakan dengan Aplikasi LEMON, anggota akan mendapatkan kemudahan transaksi di koperasi. Terlebih ke depannya, aplikasi mobile microbangking ini juga bisa untuk cek saldo, beli pulsa, dan lain sebagainya.

Bulan Dana PMI Kabupaten Bandung Tidak Mencapai Target, Cuma Terkumpul Rp 1,2 M dari Target Rp 1,5 M

"LEMON juga dapat menyimpan data-data anggota dan memproses transaksional koperasi, serta memudahkan pelaporan," katanya.

Aplikasi erbasis komputasi awan ini akan memudahkan kegiatan operasional dan transaksional di Koperasi. Selain itu, aplikasi dan data-data koperasi yang disimpan di server berbasis Komputasi Awan dapat diakses kapan saja dimana saja. (siti fatimah)

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved