Bulan Dana PMI Kabupaten Bandung Tidak Mencapai Target, Cuma Terkumpul Rp 1,2 M dari Target Rp 1,5 M

Bulan Dana PMI Kabupaten Bandung Tahun 2018 hanya mencapai Rp 1,2 miliar lebih, padahal sebelumnya ditargetkan capai Rp 1,5 miliar

Bulan Dana PMI Kabupaten Bandung Tidak Mencapai Target, Cuma Terkumpul Rp 1,2 M dari Target Rp 1,5 M
Kompasiana
Logo PMI. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Bulan Dana Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bandung Tahun 2018 hanya mencapai Rp 1,2 miliar lebih. Padahal sebelumnya bulan dana PMI ini ditargetnya mencapai Rp 1,5 miliar.

Hal tersebut disampaikan Ketua Bulan Dana PMI Kabupaten Bandung Kurnia Agustina M Naser melalui Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Bandung Sambawa Kusuma Dinata pada Rapat Kerja PMI dan Penutupan Bulan Dana PMI Tahun 2018 di Riung Panyaungan Banjaran, Selasa (30/4/2019).

Meskipun tidak memenuhi capaian target pada pencanangan bulan dana yang diselenggarakan Desember 2018 lalu, pihaknya akan mencari solusi untuk meningkatkan kembali pencapaian bulan dana tahun 2019 mendatang.

"Pada pencanangan kemarin, kami menargetkan sebesar Rp 1,5 miliar. Penurunan ini dikarenakan beberapa sebab, tapi insya Allah kami akan mencari solusi untuk meningkatkan penacapaian bulan dana 2019," ungkap Sumbawa beberapa waktu lalu.

Krisis Stok Darah, PMI Ciamis Gelar Aksi Donor dan Berharap Warga Aktif Mendonor

Menurutnya sampai saat ini seluruh operasional kegiatan PMI Kabupaten Bandung masih bergantung pada bulan dana dan dana hibah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung.

Dengan adanya bidang pengembangan sumber daya yang dimiliki PMI, mudah-mudahan bisa memberikan daya dukung dan menopang anggaran bagi PMI.

"Kami juga mengimbau kepada pengurus yang akan datang, untuk mencari sumber dana yang tidak mengikat, seperti mencari dermawan yang menjadi pendonor setiap tahunnya," katanya.

Bahkan dirinya meminta kepada PMI untuk menyisihkan sebagian hasil bulan dana untuk program di daerah terpencil, seperti pembangunan MCK (Mandi, Cuci, Kakus) yang juga turut menunjang program bandung sehat.

"Jadi, hasil dari bulan dana dapat betul-betul dipergunakan untuk kepentingan masyarakat sesuai dengan visi PMI," ujarnya.

Sementara Ketua PMI Kabupaten Bandung Achmad Kustijadi, mengungkapkan dengan disahkannya Undang-Undang nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan, merupakan tantangan bagi PMI untuk lebih meningkatkan kinerja.

"Tidak hanya kebencanaan dan bidang kemanusiaan saja, kami juga membentuk karakter bangsa dengan mengembangkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, khususnya dalam penanggulangan bencana berbasis masyarakat," jelasnya.

"Mudah-mudahan, pencapaian bulan dana di tahun yang akan datang dapat meningkat. Mari kita bersama-sama mensukseskan bulan dana, yang tahun ini bernama bulan dana kemanusiaan," tambah Achmad. (mud)

Rekapitulasi Suara Tingkat Kabupaten Lebih Cepat dari yang Dijadwalkan

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved