Krisis Stok Darah, PMI Ciamis Gelar Aksi Donor dan Berharap Warga Aktif Mendonor

Sudah dua bulan ini PMI Ciamis mengalami krisis stok darah. Dari kebutuhan darah setiap hari sebanyak 35 sampai 50 labu sulit terpenuhi.

Krisis Stok Darah, PMI Ciamis Gelar Aksi Donor dan Berharap Warga Aktif Mendonor
TRIBUN JABAR/ANDRI M DANI
Aksi donor darah yang digelar PMI Ciamis bersama komunitas biker “Doervoer 100% Ulin” di Tribun VIP Stadion Galuh Ciamis, terkumpul 140 labu darah. Senin (4/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Sudah dua bulan ini PMI Ciamis mengalami krisis stok darah.

Dari kebutuhan darah setiap hari sebanyak 35 sampai 50 labu sulit terpenuhi.

Kebutuhan utama paling banyak adalah dari penderita talasemia yang rutin tiap bulan menjalani transfusi berikut juga pasien cuci darah.

“Hari ini kebutuhan mencapai 50 labu, sementara stok yang tersedia hanya ada 36 labu darah golongan A, 5 labu darah B, 4 labu darah golongan O dan 7 labu darah golongan 7,” ujar H Tete, ahli transfusi darah UTD PMI Ciamis kepada Tribun Jabar di sela kegiatan donor darah yang diselenggarakan Doervoer Peduli Talasemia di Tribun VIP Stadion Galuh Ciamis, Senin (4/3/2019).

Meski stok darah golongan A cukup banyak, tentu hanya bisa memenuhi kebutuhan permintaan darah golongan A saja.

Sedangkan stok darah golongan B, O, dan AB cukup langka.

"Untuk itu PMI Ciamis sangat berharap banyak kegiatan aksi donor darah dari berbagai kalangan masyarakat, seperti yang rutin dilakukan komunitas biker “Doervoer 100 % Ulin” yang rutin melakukan aksi donor darah rutin tiap 3 bulan sekali. Dan untuk kali ini 140 labu darah berhasil dikumupkan dari aksi Doervoer," katanya.

KPU Ciamis Temukan 1.506 Surat Suara Rusak untuk Pemilu DPR RI dan Pilpres 2019

Sementara itu Gubernur “Doervoer 100 % Ulin” Unya mengatakan, sejak tahun 2008, Doervoer sudah melakukan 44 kali aksi donor darah terutama untuk membantu penderita talasemia.

Rata-rata tiap aksi donor darah tersebut terkumpul sebanyak 110 sampai 130 labu darah.

Dan pada aksi donor yang berlangsung di Tribun VIP Stadion Galuh Ciamis Senin (4/3) terkumpul 140 labu darah dari  183 calon pendonor yang mendaftarkan diri.

Sebanyak 43 calon pendonor tidak memenuhi syarat untuk diambil darahnya pada Senin (4/3) tersebut.

Ratusan pendonor yang datang ke Stadion Galuh Senin (4/3)  tersebut dari berbagai kalangan tak hanya dari aktivis Doervoer saja, tetapi juga dari kalangan diantaranya kalangan pelajar, PNS, pensiunan, TNI/Polri, karyawan BUMN/BUMD, pemain bola, pedagang, dan dari berbagai elemen masyarakat lainnya.

Dari 140 labu darah yang berhasil terkumpul dan disumbangkan ke PMI Ciamis pada aksi donor darah yang digelar “Doervoer” Senin (4/3) tersebut terdiri dari 38 labu darah golongan A, 43 labu golongan darah B, 46 labu darah golongan O dan 11 labu darah golongan AB.

“Hari ini kami dari Doervoer tidak hanya menggelar aksi donor darah saja, tapi juga memberikan santunan bagi anak yatim,” ujar Unya, Gubernur “Doervoer 100 % Ulin”, (andri m dani)

Andi Arief Sempat Menolak Dites Urine, Polisi Duga Andi Arief Buang Sisa Sabu ke Kloset

Penulis: Andri M Dani
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved