Sosialisasi Cegah Narkoba di Tasik, Mensos: Kerugian Negara Akibat Narkoba Rp 70 Triliun Pertahun

Kementerian Sosial lakukan sosialisasi peran keluarga dan pesantren dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba, di Kabupaten Tasikmalaya

Sosialisasi Cegah Narkoba di Tasik, Mensos: Kerugian Negara Akibat Narkoba Rp 70 Triliun Pertahun
Tribun Jabar/Isep Heri
Kementerian Sosial melakukan sosialisasi peran keluarga dan pesantren dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba, di Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (11/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Kementerian Sosial lakukan sosialisasi peran keluarga dan pesantren dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba, di Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (11/4/2019).

Kegiatan yang dihadiri langsung Menteri Sosial, Agus Gumiwang Kastasasmita berlokasi di Ponpes Attohariyah, Desa Cikadongdong, Kecamatan Singaparna.

Dihadapan warga dan santri, Menteri Agus mengatakan bahwa penyalahgunaan narkoba hanya salah satu jenis dari 26 jenis masalah kesejahteraan sosial di Indonesia.

Berdasarkan data kementerian sosial puluhan triliun uang terbuang percuma akibat narkoba.

"Berdasar data, Rp 70 triliun pertahun kerugian akibat penyalahgunaan narkoba, dan ada 16 ribu pecandu yang dirawat, saya duga masih banyak yang tidak terdata di luar sana," kata Agus Gumiwang Kartasasmita.

Fakta-fakta Penangkapan Agung Saga karena Narkoba, Artis FTV Itu Tersenyum Saat Ditanya Wartawan

Disebutkannya juga, bahwa saat ini Jabar menduduki peringkat pertama dalam penyalahgunaan narkoba dengan jumlah pecandu yang terdata sebanyak 645 ribu orang.

"Tasikmalaya, relatif kecil, tetapi sekecil apapun tetap menjadi masalah, tetap penting untuk mencegah penyalahgunaan narkoba," katanya.

Dia juga menjelaskan bahwa penyalahgunaan narkoba bisa melahirkan persoalan sosial lainnya di antaranaya penyakit.

Mensos mengingatkan peran keluarga dan pondok pesantren sangatlah vital dalam hal tangkal penyalahgunaan narkoba di masyarakat.

"Jika ada anggota keluarga atau sekitar kita menyalahgunakan narkoba jangan dikucilkan, bantu dia mereka adalah korban, bantu dia bangkit agar bisa lepas," ujarnya.

"Kami ada program rehabilitasi yang ada di dinas sosial, kalau ada anggota keluarga yang menyalahgunakan narkoba laporkan," lanjut dia.

Selain Agung Saga, Ini Deretan Artis Terkenal Lain yang Ditangkap Akibat Narkoba

Dia mengajak santri dan masyarakat perangi narkoba serta berperan aktif untuk memperbaiki generasi penerus yang sudah terlanjur terapapar narkoba.

"Harus kita perangi narkoba yang pada dasarnya banyak menyasar kalangan muda," tambahnya.

Bursa Transfer Persib Bandung Hari Ini: Jadwal Kedatangan Pemain Asia dan Achmad Jufriyanto

BESOK LIVE STREAMING RCTI PIALA PRESIDEN Leg 2 Arema FC VS Persebaya

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved