Kasus Narkoba Steve Emmanuel, Pengacara Sebut Banyak Kejanggalan dan Terlambat Ajukan Praperadilan

Kuasa Hukum Steve Emmanuel, Jaswin Damanik menilai banyak kejanggalan atas dugaan kasus narkoba yang menjerat kliennya, terutama berkait dakwaan yang

Kasus Narkoba Steve Emmanuel, Pengacara Sebut Banyak Kejanggalan dan Terlambat Ajukan Praperadilan
KOMPAS.com/ANDIKA ADITIA
(dari kiri) Adik Steve Emmanuel Karenina Sunny, tim kuasa hukum Steve Jaswin Damanik, dan Agung Sihombing dalam jumpa pers di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Senin (8/4/2019). 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Kuasa Hukum Steve Emmanuel, Jaswin Damanik menilai banyak kejanggalan atas dugaan kasus narkoba yang menjerat kliennya, terutama berkait dakwaan yang diberikan kepada Steve Emmanuel.

Meski demikian, Jaswin mengatakan bahwa pihaknya akan melakukan upaya hukum melalui eksepsi serta pembelaan lainnya selama proses persidangan yang kini sedang berlangsung.

Berkait upaya praperadilan yang menjadi hak Steve Emmanuel untuk diajukan atas penahanan dirinya, Jaswin menyatakan bahwa pihaknya sudah tak bisa menempuh upaya itu karena dianggap telah terlambat secara hukum.

"Jadi kami itu mepet waktunya kalau mau ajukan praperadilan. Kami menangani Steve Emmanuel hanya beberapa minggu sebelum sidang pertama digelar," ucap Jaswin dalam jumpa pers di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Senin (8/4/2019).

Kata Jaswin, andai dipaksakan, maka hasilnya tak akan maksimal karena butuh banyak persiapan.

"Ibarat kata nasi sudah menjadi bubur, begitulah kira-kira," ungkap Jaswin.

Jadi Tersangka Kasus Chatroom Video Porno, Artis K-Pop Terancam Dipecat Universitas Georgetown AS

Namun, Jaswin akan mengupayakan yang terbaik atas proses hukum yang kini dijalani oleh Steve Emmanuel.

"Meski sudah jadi bubur, tapi kan bubur itu bisa dikasih kecap, bumbu supaya enak, begitulah kira-kira yang akan dilakukan kami," ucapnya.

Yang paling penting, kata Jaswin, ia dan tim tengah menanti hasil dari putusan sela oleh majelis hakim atas eksepsi yang diajukan oleh pihaknya atas dakwaan yang diberikan oleh jaksa kepada Steve Emmanuel.

Sidang lanjutan dugaan kasus narkoba Steve Emmanuel dijadwalkan akan digelar kembali dengan agenda putusan sela pada Kamis (11/4/2019) lusa.

Steve Emmanuel sendiri dikenakan Pasal 112 ayat 2 juncto Pasal 114 ayat 2 Undang-Undang tentang Narkotika.

Karena kasus ini, Steve Emmanuel yang ditangkap pada 21 Desember 2018 lalu terancam hukuman pidana penjara minimum 5 tahun dan maksimum seumur hidup atau hukuman mati. (Kompas.com/Andika Aditia)

Tersandung Kasus Narkoba, Steve Emmanuel Terancam Hukuman 20 Tahun Penjara, Maksimal Seumur Hidup

Ditanya Kebenaran Menikah dengan Roger Danuarta, Cut Meyriska Hanya Jawab Singkat

Editor: Theofilus Richard
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved