Keluarga Bocah Fajar Saefudin dari Kalangan Tak Mampu, Tetangga yang Ambilkan Jatah Raskin

Irvan mengatakan, pasien diperiksa olek dokter Puskesmas dengan diagnosa asma bonchiale+ suspext tb paru.

Keluarga Bocah Fajar Saefudin dari Kalangan Tak Mampu, Tetangga yang Ambilkan Jatah Raskin
Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Fajar Saefudin menderita gizi buruk. Ia adalah warga Kampung Neglasari RT 01/11, Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, Jumat (22/3/2019). 

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Kepala Bidang Bina Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, dr Irvan Nur Fauzy, mengatakan, bahwa pasien atas nama Fajar pernah berobat sebulan lalu dengan keluhan demam dan panas.

"Riwayat penyakit pasien pernah berobat tanggal 11 maret 2019 dengan keluhan batuk dan sesak yang disertai demam," ujar Irvan melalui sambungan telepon, Jumat (22/3/2019).

Irvan mengatakan, pasien diperiksa olek dokter Puskesmas dengan diagnosa asma bonchiale+ suspext tb paru. 

"Dari medis menyarankan cek dahak, konsul klinter (gizi) dan pengobatan. Tapi pasien pulang tidak ke klinik terdekat," kata Irvan.

Menurutnya, pada Rabu (20/3) pihak Dinas Kesehatan mendapat informasi dari ketua RW bahwa pasien Fajar kondisinya memburuk.

"Kemudian kami tim puskesmas melakukan kunjungan rumah dan melakukan pemeriksaan kepada pasien," kata Irvan.

Fajar dianjurkan untuk dirujuk ke RSUD untuk penanganan lebih lanjut, namun keluarga pasien tidak memiliki jaminan kesehatan dan tidak memiliki kartu keluarga.

"Kemudian kami melakukan koordinasi dan konsultasi dengan kepala seksi membuat rujukan dari Dinkes untuk solusi jaminan kesehatan," ujar Irvan. 

Lalu atas arahan kepala seksi langsung membuat surat keterangan tak mampu karena kasus gizi buruk bisa langsung ditangani. 

"Kemudian kami koordinasi dengan ketua RW, untuk segera membuat SKTM dan kartu keluarga sementara, kemarin disarankan utk segera langsung ke RS, tapi karena keluarga belum memiliki persyaratan SKTM,  sehingga baru kemarin dirujuk ke rumah sakit," ujar Irvan.

Halaman
12
Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved