20 Orang di Cirebon Keracunan Pindang Deles, Dinkes Ambil Sampel Pindang Deles yang Disantap

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon telah menerima laporan dari Kepala Puskesmas Bangodua terkait 20 warga Desa Slangit

20 Orang di Cirebon Keracunan Pindang Deles, Dinkes Ambil Sampel Pindang Deles yang Disantap
tribunnews.com
Ilustrasi keracunan.

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Masithoh

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon telah menerima laporan dari Kepala Puskesmas Bangodua terkait 20 warga Desa Slangit, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon, yang diduga keracunan Pindang pada Selasa (19/3/2019) pagi.

Setelah mendapat laporan tersebut, Dinkes langsung mengambil sampel muntahan warga dan ikan Pindang tersebut.

"Kita langsung observasi pada Pindang Deles dan sudah kita buat sistemnya. Kita ambil sampel muntahan dan ikannya kita kirim ke Laboratorium Bandung. Jadi nanti akan diketahui jenis apa yang ada di kandungan pindang," ujar Kabid Kesehatan Masrayarakat Dinkes Kabupaten Cirebon, Dr Edi S, saat ditemui di kantor Dinkes Kabupaten Cirebon, Rabu (20/3/2019).

Pihaknya menduga keracunan tersebut dari Pindang Deles. Namun, tetap menunggu hadil laobratorium keluar. Sebab, kata dia, bisa saja warga tersebut alersi anti histamin yang menimbulkan mual dan muntah, semisal dari seafood.

"Ini mungkin ikan yang lama, kita tahu karena di pasar mungkin ikan tidak langsung dimasak, bisa disimpan dulu. Itu makanya perlu informasi edukasi kepada masyarakat," ujarnya.

Ini Resep Membuat Camilan Es Krim Oreo yang Rasanya Sangat Lezat, Bikinnya Mudah dan Bahannya Murah

Dia mengaku, pihaknya selalu berupaya memberikan informasi mengenai penyuluhan kesehatan makanan kepada masyarakat maupun pelaku usaha makanan.

"Hasilnya kira-kira seminggu baru bisa ketahuan karena kita kan periksa di Bandung. Kalau di kabupaten Cirebon baru bisa mengetahui baku mutu kimia, misal pada air. Jadi sekarang baru bisa mengambil air saja mengandung bakteri apa," kata dia.

Atas kejadian tersebut, Dinkes Kabupaten Cirebon telah menetapkan dugaan keracunan itu masuk dalam kejadian luar biasa (KLB).

Sebulan Jelang Pemilu, 7503 Pelanggaran Aturan Pemilu Ditindak Bawaslu Kabupaten Bandung

Penulis: Siti Masithoh
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved