Peringatan Harkonas 2019 Digelar di Gedung Sate Dua Hari, Berikut Agendanya

Jawa Barat khususnya Kota Bandung, tahun ini menjadi tuan rumah Hari Konsumen Nasional ( Harkonas) yang jatuh pada tanggal 20 April.

Peringatan Harkonas 2019 Digelar di Gedung Sate Dua Hari, Berikut Agendanya
Istimewa
Logo Harkonas 2019 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR. ID, BANDUNG - Jawa Barat khususnya Kota Bandung, tahun ini menjadi tuan rumah Hari Konsumen Nasional ( Harkonas) yang jatuh pada tanggal 20 April.

Adapun tema Harkonas yang disepakati panitia sekarang ini adalah “Saatnya Konsumen Berdaya”.

"Pemilihan tema tersebut dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai Indeks Keberdayaan Konsumen Indonesia (IKKI) yaitu hanya 30.86 dari skala 100.00 atau dalam level paham," kata Doni P Joewono, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jabar kepada Tribun Jabar, Senin (18/3/3019).

Definisi level paham adalah konsumen Indonesia sudah mengenali dan memahami hak dan kewajiban namun belum sepenuhnya mampu memanfaatkan dan belum berperan aktif memperjuangkan haknya sebagai konsumen.

Manajemen Berharap Dua Pemain Incaran Persib Bandung Segera Gabung

Bursa Transfer Persib Bandung: Pemain Baru Akan Jadi Tandem Ezechiel NDouassel

Untuk itu Harkonas 2019 bertujuan agar konsumen menjadi konsumen yang cerdas, berdaya dan kritis dalam menentukan pilihan terbaik dalam menggunakan produk dalam negeri.

Adapun rangkaian acara Harkonas Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia di halaman Gedung Sate adalah sebagai berikut;

Tanggal 19-20 Maret 2019 bertempat di Gedung Sate, Bandung akan diselenggarakan pameran Hari Konsumen Nasional.

Kegiatan tersebut diikuti oleh lembaga yang memiliki layanan pengaduan konsumen seperti instansi pemerintah, lembaga perlindungan konsumen, BUMN/BUMD, telekomunikasi, perbankan dan perusahaa swasta.

Profil Daniar Widyana, Peserta MasterChef Indonesia Season 5 yang Lolos Berkat Chicken Supreme

KPK Sita Uang Ratusan Juta dari Ruangan Menteri Agama

Dalam kegiatan tersebut akan dilakukan peresmian + 150 Kantor Metrologi Legal, Launching Juru Ukur Timbang (KANG UJANG), Pemberian Penghargaan Pemda Terbaik Peduli Konsumen, Peresmian Pasar dan Pameran. Puncak acara dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2019 yang akan menghadirkan Presiden RI beserta 3.000 orang konsumen untuk minum kopi bersama.

Agenda lain dari peringatan Harkonas antara lain, explore pameran mulai dari transportasi, pembiayaan, perumahan, telekomunikasi, e-commerce, acoustic performance, hingga akan hadir games kursi panas, dan games lainnya serta doorprice. (siti fatimah)

Pria Ini Tegang Mau Nikah, Bilang Mau Berenang Ternyata Ditemukan Tewas Tenggelam [VIDEO]

Heboh! Baru Buka Gerai Bang Bopak di Mekarwangi Bandung, Gratiskan Dua Ton Seafood [VIDEO]

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved