Tiga WNA di Ciamis Masuk DPT, Bawaslu Meminta Ketiganya Dicoret

Tiga WNA di Kabupaten Ciamis masuk DPT, Bawaslu meminta agar mereka dicoret dari DPT.

Tiga WNA di Ciamis Masuk DPT, Bawaslu Meminta Ketiganya Dicoret
Ilustrasi eKTP WNA. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Setelah menelusuri data dari Disdukcapil Ciamis, data DPTHP2, dan melakukan verifikasi faktual di lapangan, Bawaslu Ciamis memastikan 3 warga negara asing (WNA) di Ciamis masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Bawaslu Ciamis sudah merekomendasikan agar KPU Ciamis mencoret ke-3 nama tersebut dari DPT.

“Kami sudah merekomendasikan agar KPU Ciamis mencoret ke-3 nama WNA tersebut dari DPT,” ujar Komisioner Bawaslu Ciamis Koordinator Bidang Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Samsyul Maarif, kepada Tribun Jabar, Senin (4/3/2019).

Berkaca dari kasus di Cianjur, menurut Syamsul Maarif, Bawaslu Ciamis bergerak cepat.

Mereka berkoordinasi dengan Disdukcapil Ciamis.

“Kami memperoleh data di Ciamis ada 8 WNA yang sudah memiliki NIK. Tiga orang sudah memiliki KTP elektronik dan lima lainnya baru taraf perekaman data diri,” katanya.

Para WNA tersebut tinggal di Ciamis dan mempunyai istrinya orang Ciamis.

Meski mereka masuk dalam data kartu keluarga (KK), tapi yang menjadi kepala keluarga menurut Syamsul Maarif adalah isteri yang bersangkutan.

Dari data tersebut, kata Syamsul Maarif, Bawaslu Ciamis menindaklanjuti dengan mengecek DPTHP2 dan melakukan verifikasi faktual.

“Tidak hanya mengecek DPT tapi kami juga melakukan pengecekan langsung ke kediaman yang bersangkutan. Dan diketahui secara positif, 3 WNA di Ciamis namanya masuk DPT. Ketiga WNA tersebut sudah memiliki KTP elektronik,” ujar Syamsul.

Tiga WNA yang namanya masuk DPT di Ciamis, kata Syamsul, masing-masing Issa Haidar (64) asal Libanon yang tinggal di Desa Sindanglaya, Sukamantri; Lin Rui Min alias Leim Soe Min (69) asal Cina tinggal di Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg; dan Leslie John Young (64) asal Inggris, tinggal di Perum Permata Galuh.

“Dan kami sudah merekomendasikan agar KPU Ciamis segera mencoret ke-3 nama WNA yang masuk DPT tersebut,” ujar Syamsul Maarif.

Di Kabupaten Cirebon Ada Beberapa WNA yang Punya eKTP, KPU Tegaskan Tak Punya Hak Pilih

KPU Kota Bandung akan Sortir dan Lipat Surat Suara Pemilu 2019 Pekan Depan

Penulis: Andri M Dani
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved