Wapres Tutup Munas Alim Ulama NU, Hasilkan 5 Poin Antara Lain MLM Haram & Soroti Sampah Plastik

Wapres tutup Munas Alim Ulama NU. Hasilkan lima poin di antaranya, sistem MLM haram dan soroti sampah plastik.

Wapres Tutup Munas Alim Ulama NU, Hasilkan 5 Poin Antara Lain MLM Haram & Soroti Sampah Plastik
Tribun Jabar/Isep Heri
Tabuhan beduk Wakil Presiden Jusuf Kalla menandai penutupan Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama (NU) yang digelar di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo, Kota Banjar, Jumat (1/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, BANJAR - Tabuhan beduk Wakil Presiden Jusuf Kalla menandai penutupan Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) Nahdlatul Ulama (NU) yang digelar di Pondok Pesantren Miftahul Huda Al-Azhar Citangkolo, Kota Banjar, Jumat (1/3/2019).

Pria yang akrab disapa JK hadir di penutupan terlihat mengenakan kemeja biru muda dan bersorban putih didampingi Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj; Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum; dan sejumlah petinggi PBNU lainnya.

Dalam sambutannya, JK mengapresiasi acara Munas Alim Ulama NU yang telah melahirkan sejumlah rekomendasi yang mencakup masalah agama, kedaulatan kebangsaan, energi terbarukan, persoalan sampah plastik, revolusi industri, dan juga permasalahan perdamaian dunia.

Tema yang diusung kali ini "Memperkuat Ukhuwah Wathaniyah untuk Kedaulatan Rakyat", menurut JK sebuah respons NU terhadap permasalahan yang benar harus disikapi bersama.

Menurutnya jika tidak dijaga kedaulatan rakyat akan berdampak pada konflik besar yang melahirkan ancaman atas kedaulatan bangsa yang berujung pada peperangan.

JK mengajak untuk tetap menjungjung kedaulatan rakyat dan bercermin dari negara-negara yang dirundung konflik dan peperangan.

"Seratus tahun lalu negara Islam berperang dengan penjajah. Hari ini saya merasa sedih karena negara Islam di sekitar 15 negara berperang satu dengan yang lain. Ada peperangan antara rakyat dan pemerintah, ada peperangan antara negara Islam satu dengan yang lainnya," kata Jusuf Kalla di hadapan warga dan tokoh NU.

Sejumlah rekomendasi yang dihasilkan Munas dan Konbes NU 2019 di Kota Banjar, kata JK, sangat penting untuk ditindaklanjuti.

Sejauh ini, kata JK, pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk membantu negara-negara yang berperang tersebut.

Halaman
12
Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved