Tanggapi Masalah Sampah Plastik, JK Ajak Masyarakat Budayakan Bawa Botol Minum Isi Ulang dari Rumah

Menurut JK, persoalan sampah plastik yang sudah kronis saat ini satu di antara penyebabnya karena budaya masyarakat biasa minum di wadah sekali pakai

Tanggapi Masalah Sampah Plastik, JK Ajak Masyarakat Budayakan Bawa Botol Minum Isi Ulang dari Rumah
TRIBUN JABAR/ISEP HERI HERDIANSAH
Jusuf Kalla saat penutupan Munas Alim Ulama dan Konbes NU di Ponpes Miftahul Huda Al Azhar, Citangkolo, Kota Banjar, Jumat (1/3/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, BANJAR - Saat penutupan Munas Alim Ulama dan Konbes NU di Ponpes Miftahul Huda Al Azhar, Citangkolo, Kota Banjar, Jumat (1/3/2019), Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) ajak masyarakat budayakan kembali bawa botol minum isi ulang dari rumah.

Menurut JK, persoalan sampah plastik yang sudah kronis saat ini satu di antara penyebabnya karena budaya masyarakat yang cenderung terbiasa minum di wadah yang sekali pakai atau minum air botol kemasan.

"Muncul perilaku malas mencuci piring, botol, inginnya hanya sekali pakai. Sekarang ibu-ibu ke pasar hanya mengandalkan plastik, tidak lagi mau bawa keranjang, di rumah dibuang nah ini jadi bahaya sampah plastik," kata Jusuf Kalla dalam sambutannya di depan warga dan tokoh NU.

Dalam pandangannya, sebagian besar masyarakat pastinya mengetahui bahwa sampah plastik tidak mudah terurai meski tertimbun ratusan tahun dalam tanah.

Wapres Tutup Munas Alim Ulama NU, Hasilkan 5 Poin Antara Lain MLM Haram & Soroti Sampah Plastik

Tapi kemalasan dan kecenderungan terbiasa menggunakan barang instan semisal botol sekali pakai ialah penyumbang permasalahan lingkungan.

"Jadi untuk menyelesaikan itu kembali memakai botol keras tapi dicuci lagi isi ulang, daripada dibuang. Dengan upaya tersebut maka segala upaya yang disampaikan, kalau tidak, akan menjadi masalah lingkungan," lanjutnya.

Dalam kesempatan ini, Jusuf Kalla mengajak pondok pesantren untuk mengajarkan para santri untuk mengurangi penggunaan plastik. Minimal jangan membeli air mineral dalam botol plastik sekali pakai.

Begini Rekomendasi Munas NU di Kota Banjar untuk Perdamaian Papua

"Kita berbicara muamalah mendorong kita kemajuan. Kalau tidak menguasai itu, maka akan dikuasai yang punya kekuatan. Semoga Munas Alim Ulama dan Konbes NU ini yang telah dilaksanakaan memberikan manfaat. Bukan hanya ke NU saja tapi seluruh masyarakat sebagai Organsiasi terbesar," katanya.

Dalam Munas Ulama NU 2019, muncup rekomendasi membuang sampah sembarangan hukumnya haram apabila nyata-nyata atau diduga membayakan. Kedua makruh apabila kemungkinan kecil membahayakan.

Jelang Persib Bandung vs PS Tira Persikabo: Tim Tamu Merendah tapi Yakin Sulitkan Maung Bandung

Esteban Vizcarra Absen di Laga Persib Bandung vs PS Tira Persikabo, Penggantinya Sudah Disiapkan

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved