5 Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Makan Jengkol atau Petai

Makanan ini akan memunculkan bau khas setelahnya, baik di mulut maupun urine kita.

5 Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Makan Jengkol atau Petai
Resep Masakan
Ilustrasi Jengkol 

TRIBUNJABAR.ID - Meski menimbulkan bau tak sedap, jengkol dan petai termasuk menu lalapan favorit yang banyak digemari. Namun makanan ini akan memunculkan bau khas setelahnya, baik di mulut maupun urine kita.

Tak usah pusing, kamu tetap bisa makan petai dan jengkol tanpa harus khawatir mulut menjadi bau setelahnya. Berikut berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menetralisir bau petai dan jengkol.

1. Menyikat gigi

Sikatlah gigi setelah makan petai dan jengkol. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluor karena bisa membantu mengurangi bau mulut.

Jangan asal sikat, bersihkan gigi hingga ke bagian terdalamnya agar tak ada lagi sisa jengkol dan petai yang tersangkut di dalam mulut.

2. Menyikat lidah

Selain gigi, kamu juga perlu membersihkan lidah. Pasalnya, tak jarang sari-sari makanan masih menempel di lidah dan akan terjebak jika tak dibersihkan.

Oleh karena itu, bersihkan lidah dengan pembersih khusus atau sikat gigi dengan pembersih lidah setelah makan petai dan jengkol.

3. Melakukan flossing

Meski kelihatannya merepotkan, flossing bisa membantu menyempurnakan kebersihan gigi dan mulut. Flossing membantu menghilangkan plak dan sisa makanan yang menempel pada gigi.

Dengan flossing, dapat dipastikan tidak ada sisa jengkol dan petai yang tersangkut di sela gigi.

4. Berkumur dengan obat kumur

Untuk membantu membunuh bakteri dan membilas mulut, berkumurlah dengan obat kumur khusus. Biasanya, selain membantu menghilangkan bakteri penyebab bau mulut, obat kumur juga mengandung bahan yang membuat napas lebih segar.

5. Minum air putih

Terakhir, setelah rangkaian tersebut kamu lakukan, minumlah air putih. Air putih bisa membantu melarutkan zat yang menyebabkan bau. Selain itu, air juga membantu membersihkan partikel makanan yang masih tersangkut.

Editor: Yongky Yulius
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved