Tingkatkan Wawasan ASN Soal Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik, Diskominfo Gelar Rakor

Tingkatkan pelayanan, Diskominfo Jabar menggelar rakor penerapan tata kelola sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Tingkatkan Wawasan ASN Soal Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik, Diskominfo Gelar Rakor
Tribun Jabar/Theofilus Richard
Sekda Pemprov Jawa Barat, Iwa Karniwa, memberikan sambutan pada Rakor Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik, Hotel Aston Pasteur, Bandung, Kamis (7/2/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Theofilus Richard

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Untuk meningkatkan layanan pemerintahan berbasis elektronik, aparatur sipil negara (ASN) perlu wawasan lebih baik.

Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jawa Barat menggelar rakor penerapan tata kelola sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE), di Hotel Aston Pasteur, Bandung, Kamis (7/2/2019).

"Kami menguatkan koordinasi implementasi sistem pemerintahan berbasis elektronik yang merupakan bagian dari implementasi RPJMD," ujar Sekda Pemprov Jawa Barat, Iwa Karniwa, kepada wartawan.

Dalam sambutannya, Iwa Karniwa mengatakan bahwa sistem elektronik penting untuk menunjang pelayanan kepada masyarakat.

Sistem elektronik ini digunakan untuk mengelola anggaran, pengawasan kinerja pegawai, perencanaan pembangunan, dan lain-lain.

"Tata kelola pemerintahan ini di samping pembinaan sumber daya manusia karena dia yang melaksanakan tupoksi elektronik, tentu diikuti sistem pemerintahan secara elektronik, yang tupoksinya di Diskominfo Jabar," ujarnya.

Rakor ini juga mengundang pemateri dari Kementerian Komunikasi dan Informasi serta Kementerian Pemberdaya Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Iwa mengatakan bahwa kedua pemateri dari kementerian juga dibutuhkan agar adanya kesamaan persepsi dalam penggunaan teknologi dalam hal pelayanan masyarakat.

"Dibahas dari sarana menyampaikan informasi, terutama sistem jaringan juga konten (aplikasi) yang menjadi kewajiban dinas terkait perbaikan dan sinergitas," ujarnya.

Rakor ini juga digelar untuk menyosialisasikan Perpres 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

Perpres ini baru diluncurkan pada Oktober 2018.

"Baru ditetapkan Oktober tahun lalu, banyak aparat pemerintah yang tidak tahu," ujar Kabid E-Government Diskominfo Jabar, Ika Mardiah.

Calon Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN ke ISBI Tak Perlu Lagi Lakukan Tes Ini, Cukup Portofolio

Waktu Pembelian Tiket Kereta Lokal Via KAI Access Diperpanjang, Cek Waktunya di Sini

Penulis: Theofilus Richard
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved