Jembatan di Rancamanyar Baleendah Ini Sudah Setahun Rusak, Warga Bikin Spanduk ''Sasak Anyar 2019''

Jembatan Gantung Kampung Cilebak, Desa Rancamanyar, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung rusak parah sehingga tidak dapat digunakan

Jembatan di Rancamanyar Baleendah Ini Sudah Setahun Rusak, Warga Bikin Spanduk ''Sasak Anyar 2019''
Tribunjabar/Mumu Mujahidin
Jembatan rusak di Rancamanyar, Baleendah, Kabupaten Bandung, Kamis (27/12/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, BALEENDAH - Jembatan Gantung di Kampung Cilebak, Desa Rancamanyar, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung rusak parah sehingga tidak dapat digunakan lagi oleh warga. Spanduk protes bertuliskan 'Sasak Anyar 2019' terpasang di jembatan rusak tersebut.

Menurut pantauan Tribun, selain itu ada juga spanduk yang ditujukan kepada Gubernur Jawa Barat bertuliskan 'Kang Emil Diantos Disain Sasakna' (Kang Emil Ditunggu Desain Jembatannya).

Jembatan itu sudah tidak dapat digunakan oleh pengguna sepeda motor, karena sejumlah sambungan lantai besi di jembatan itu bolong, rusak dan bautnya copot. Terdapat lubang kotak berukuran sekitar 1meter x 50 centimeter dan masih digunakan oleh para pejalan kaki.

Terpasang sebilah papan kayu untuk warga yang melintas. Sehingga warga harus ekstra hati-hati saat melintas di jembatan itu. Begitupun bagi para pengguna sepeda, mereka harus mengangkat sepedanya terlebih dahulu untuk melewati lubang di jembatan itu.

Gunung Anak Krakatau Kembali Siaga, Dapur Umum Terpaksa Dipindahkan ke Tempat yang Lebih Aman

Seorang warga Amin (45) mengatakan, kerusakan jembatan tersebut sudah terjadi sejak lama. Namun sampai sekarang jembatan rusak tersebut belum juga diperbaiki.

"Sudah lama (rusak), adalah setahun mah. Tapi belum pernah diperbaiki, dibiarkan begitu saja," katanya di lokasi.

Menurutnya sudah sekitar dua minggu jembatan tersebut tidak dapat digunakan. Namun sejumlah warga pejalan kaki tetap memaksa menggunakan jembatan tersebut dengan memasang papan kayu sementara. Pasalnya kalau berjalan ke jembatan utama Rancamanyar harus berputar jauh.


"Ya terpaksa, lewat sini kan masih bisa. Soalnya kalau harus ke jembatan (Rancamanyar) harus muter jauh," katanya.

Hal serupa juga dikatakan warga lainnya Siti Masitoh (34). Siti menyebutkan jembatan itu harus segera diperbaiki, agar masyarakat bisa kembali menggunakan jembatan tersebut.

"Iya harapannya kepada pemerintah bisa segera memperbaiki jembatan ini, agar bisa dipergunakan lagi," katanya.

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved