Aplikasi Sikasep, Inovasi Baru dalam Proses Seleksi Guru Potensial untuk Jadi Kepala Sekolah

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana, menjelaskan aplikasi Sikasep menjadi portal pendaftaran administrasi secara daring

Aplikasi Sikasep, Inovasi Baru dalam Proses Seleksi Guru Potensial untuk Jadi Kepala Sekolah
Humas Disdik Kota Bandung
Kepala Disdik Kota Bandung, Elih Sudiapermana, melakukan sosialisasi aplikasi SiKasep di Ruang Opro Dinas Pendidikan Kota Bandung, Jalan Achmad Yani, Kota Bandung, Rabu (3/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Dinas Pendidikan Kota Bandung segera laksanakan kegiatan seleksi calon Kepala Sekolah.

Uniknya tahun ini Disdik Kota Bandung menggunakan sebuah program aplikasi seleksi berbasis daring bernama Sikasep (Sistem Seleksi Kepala Sekolah Pintar).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana, menjelaskan aplikasi Sikasep menjadi portal pendaftaran administrasi secara daring, sekaligus inovasi baru dalam proses seleksi bagi para guru potensial untuk menjadi seorang kepala sekolah.

“Tahapan seleksi untuk menjadi kepala sekolah dimulai dengan pendaftaran online, seleksi administrasi, dan seleksi akademik. Hal ini dilakukan sebelum para calon diikutsertakan dalam diklat calon kepala sekolah. Para guru yang memenuhi syarat, bisa mendaftarkan diri untuk menjadi peserta seleksi calon kepala sekolah,” ujarnya melalui rilis yang dihimpun Tribun, Rabu (3/10/2018).

Elih Sudiapermana menuturkan, dalam seleksi tersebut, setiap guru bisa mengajukan diri sendiri, atau pun diajukan oleh sesama guru lain, karena dianggap potensial, baik dengan atau tanpa rekomendasi dari kepala sekolah masing-masing.

Dimuntahkan Lumpur Petobo, Ramna Berhasil Selamatkan Keluarganya

Kecurangan di SPBU Jalan Riau Bandung, Konsumen Bisa Rugi 1 Liter Tiap Beli 20 Liter Bensin

“Bagi guru yang mengusulkan diri sendiri atau diusulkan oleh sejawatnya, dan belum direkomendasi oleh kepala sekolah, maka calon peserta akan dibahas bersama tim seleksi dan kepala sekolah terkait sehingga akhirnya memenuhi syarat mendapat rekomendasi. Ini dilakukan agar tidak hilang kesempatan karena adanya ‘bottleneck’ di sekolah” ucapnya.

Elih menyebut, dengan aplikasi SiKasep ini, para peserta cukup mengunggah dokumen yang dipersyaratkan. Selanjutnya, mengikuti tes akademik berbasis komputer yang sistem penilaian akan dikerjasamakan dengan sebuah perguruan tinggi.

Setiap tahapan seleksi dapat berlangsung transparan, kredibel, dan akuntabel, serta menghasilkan kepala selokah yang lebih terjamin.

Ia menambahkan, kegiatan seleksi calon kepala sekolah tahun 2018 dilakukan dalam upaya pemenuhan jabatan kepala sekolah yang belum definitif, serta persiapan bagi pengganti jabatan kepala sekolah yang pensiun satu tahun mendatang.

“Jadi nanti tidak ada lagi kekosongan jabatan, karena ada calon-calon kepala sekolah yang sudah kita persiapkan sesuai Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018, tentang penugasan guru sebagai kepala sekolah untuk menempati jabatan yang kosong tersebut," ucapnya.

Bertemu Djanur pada Laga Persib Vs Persebaya, Dedi Kusnandar Bilang Begini

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Disdik Kota Bandung, Cucu Saputra mengatakan, persyaratan bagi para bakal calon kepala sekolah sesuai Permendikbud Nomor 6 Tahun 2018 di antaranya, pendidikan minimal S1/D4, memiliki sertifikat pendidik, dan pangkat minimal golongan III C.

Syarat lainnya adalah berpengalaman mengajar minimal 6 tahun kecuali untuk jenjang TK/TKLB minimal 3 tahun, punya predikat prestasi kerja guru selama dua tahun terakhir terkategori minimal “baik” dan lain sebagainya.

"Kami berharap dengan melibatkan pihak profesional dalam kegiatan ini, lahir juga para calon kepala sekolah yang profesional dan berkarakter, serta mampu mewujudkan kualitas mutu pendidikan di Kota Badung berkeadilan dan berwawasan lingkungan," katanya.

Penulis: Cipta Permana
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved