Koperasi

Beromzet Miliaran Rupiah, Kiprah Koperasi Mahasiswa Tak Bisa Dianggap Remeh

Banyak kopma yang notabene pengurusnya murni mahasiswa justru dapat dikategorikan sebagai koperasi yang sehat. Kopma mampu melaksanakan kewajiban rapa

Beromzet Miliaran Rupiah, Kiprah Koperasi Mahasiswa Tak Bisa Dianggap Remeh
TRIBUN JABAR/DARAJAT ARIANTO
KOPMA BS UPI - Ketua Umum Kopma Bumi Siliwangi (BS) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Irfan Alfaridzi Ramadhan (kedua dari kiri), didampingi Staf Bidang Humas Agus Elga (kiri) dan Staf Kesekretariatan Qul Anas Rullah (kedua dari kanan) berbincang di Sekretariat Kopma BS UPI di Kampus UPI, Jalan Setiabudhi No. 229, Kota Bandung, Selasa (2/10). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Darajat Arianto

KIPRAH koperasi mahasiswa (kopma) di kampus‑kampus umumnya jarang diketahui umum. Hal ini karena dikelola oleh mahasiswa sebagai bagian dari unit kegiatan mahasiswa (UKM) sehingga sering muncul anggapan kopma tidak dikelola secara profesional atau asal‑asalan.

Pandangan itu ternyata tidak sepenuhnya benar. Banyak kopma yang notabene pengurusnya murni mahasiswa justru dapat dikategorikan sebagai koperasi yang sehat. Kopma mampu melaksanakan kewajiban rapat anggota tahunan (RAT) sebagaimana amanat UU No 25 Tahun 1992 tentang Koperasi maupun Peraturan Menteri KUKM No 19/PER/M.KUKM/IX/2015. Kopma pun banyak yang mampu membagikan sisa hasil usaha (SHU) kepada anggotanya.

Kopma Bumi Siliwangi Universitas Pendidikan Indonesia (BS‑UPI) Bandung, misalnya. "RAT kami selenggarakan Februari. Dan SHU yang dibagikan senilai Rp 182 juta untuk seluruh anggota, termasuk anggota yang pasif," kata Ketua Kopma BS UPI Bandung, Irfan Alfaridzi di Sekretariat Kopmas BS UPI, Selasa (2/10).

Irfan yang didampingi Ketua Bidang Humas, Agus Elga, dan pengurus lainnya, mengungkapkan, omzet tahun 2017 mencapai Rp 3,2 miliar. Meski tidak mampu mencapai target Rp 3,6 miliar, raihan omzet tersebut tetap saja terhitung besar untuk sekelas kopma di kampus.

Kopma BS UPI bisa disebut sebagai salah satu kopma tertua yang telah berbadan hukum. Badan hukum tersebut diperoleh di tahun 1974 ketika UPI masih bernama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Bandung.

Dikelola sepenuhnya oleh mahasiswa UPI Bandung, Kopma BS UPI terus tumbuh. Saat ini tercatat memiliki aset Rp 1,1 miliar yang disimpan dalam bentuk deposito dan giro. Unit usahanya pun terus berkembang di mana kini memiliki 15 unit, di antaranya unit usaha kantin, jasa pengiriman logistik, buku dan alat tulis, dan jasa rent & production.

"Unit usaha kantin dan rent & production yang kontribusinya terbesar terhadap omzet kami," ujar Irfan.

UNIT USAHA KANTIN - Suasana kantin Kopma BS UPI yang selalu dipenuhi pengunjung setiap hari. Kantin ini merupakan satu di antara 14 unit usaha Kopma BS UPI. Secara total omzet Kopma BS UPI tahun 2017 mencapai Rp 3,2 miliar.
UNIT USAHA KANTIN - Suasana kantin Kopma BS UPI yang selalu dipenuhi pengunjung setiap hari. Kantin ini merupakan satu di antara 14 unit usaha Kopma BS UPI. Secara total omzet Kopma BS UPI tahun 2017 mencapai Rp 3,2 miliar. (TRIBUN JABAR/DARAJAT ARIANTO)

Semua unit usaha yang dikelola tersebut mempekerjakan 21 karyawan.

Sebagai koperasi yang lokasinya di dalam kampus, pangsa pasarnya memang tidak seluas koperasi di luar kampus. Pangsa pasar yang dijangkau unit usaha Kopma BS UPI, memang terbatas sehingga omzet yang diperoleh cenderung stagnan.

Halaman
123
Penulis: Darajat Arianto
Editor: Darajat Arianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved