Amankan Kelancaran Silaturahmi, XL Axiata Siapkan Jaringan Hadapi Ramadan dan Lebaran 2018

Untuk Lebaran 2018 penambahan kapasitas jaringan core terutama difokuskan pada area Denpasar dan Medan.

Amankan Kelancaran Silaturahmi, XL Axiata Siapkan Jaringan Hadapi Ramadan dan Lebaran 2018
Istimewa
Teknisi XL Axiata sedang melakukan pemeriksaan perangkat BTS di Bukit Cermin, Tanjung Pinang, Pulau Bintan. Jumat (27/4). Untuk menghadapi Ramadhan dan Lebaran, XL Axiata ┬ásudah sejak jauh-jauh hari mempersiapkan jaringannya agar bisa menghadapi kemungkinan lonjakan trafik tersebut agar tradisi silaturahmi masyarakat tetap lancar, terlaksana di kedua momen spesial tersebut. 

TRIBUNJABAR.ID, TANJUNGPINANG - Bagi operator telekomunikasi, Ramadhan dan Lebaran identik dengan lonjakan trafik layanan.

Untuk itu, PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) sudah sejak jauh-jauh hari mempersiapkan jaringannya agar bisa menghadapi kemungkinan lonjakan trafik tersebut agar tradisi silaturahmi masyarakat tetap lancar, terlaksana di kedua momen spesial tersebut.

Sejumlah langkah mengkondisikan jaringan sudah dilakukan oleh tim jaringan XL Axiata dengan menyesuaikan pada trend penggunaan jenis-jenis layanan, terutama layanan data, tradisi mudik dan pergerakan pelanggan selama liburan panjang Lebaran, serta tersedianya infrastruktur jalan tol baru yang sudah akan bisa dimanfaatkan masyarakat selama libur Lebaran.

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan, “Kami memprediksi, trafik semua layanan kemungkinan akan meningkat, dengan trafik data kembali akan naik paling tinggi antara 20-30% dibandingkan hari-hari biasa. Akses pada layanan streaming kemungkinan akan mengalami kenaikan yang signifikan, baik untuk streaming video maupun musik.

Untuk itu kami harus menyiapkan jaringan sebaik mungkin, antara lain dengan meningkatkan kapasitas baik di Jaringan Core, Transmisi, juga kapasitas Radio di jalur mudik.”


Yessi menambahkan, pada jaringan core, penambahan kapasitas telah dimungkinkan dengan telah diimplementasikannya teknologi Network Function Virtualizationyang memiliki skalabilitas tinggi dalam pengembangan jaringan.

Untuk Lebaran 2018 penambahan kapasitas jaringan core terutama difokuskan pada area Denpasar dan Medan.

Sementara itu penambahan kapasitas jaringan radio pada jalur dan area tujuan mudik dilakukan dengan antara lain menempatkan 49 MBTS, penambahan kapasitas pada sekitar 4000 BTS eksisting dan penambahan sekitar 8500 BTS baru di jalur mudik, tujuan mudik  dan tempat wisata  yang ramai dikunjungi saat Lebaran

Baca: Sektetaris DPD Gerindra Jabar Sebut Siap Jika Tim Asyik Dipanggil Bawaslu

Penambahan kapasitas transmisi dilakukan dengan meningkatkan kapasitas upstream internet menjadi 1000 Gbps atau 3x lipat dibandingkan kapasitas pada lebaran 2017.

Halaman
123
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help