Home »

Garut

Ujian Nasional 2018

Andre Cristian Kerap Juara Turnamen Tenis Meja, Tapi Tetap Tegang saat Mengerjakan UN

"Sempat takut tidak bisa menjawab soal ujian," kata Andre kepada Tribun Jabar di SMP Negeri 4 Garut

Andre Cristian Kerap Juara Turnamen Tenis Meja, Tapi Tetap Tegang saat Mengerjakan UN
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Atlet cabang olahraga tenis meja asal Garut, Andre Cristian Gunaya 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Atlet cabang olahraga tenis meja asal Garut, Andre Cristian Gunaya (15), saat ini harus membagi waktu antara latihan untuk sejumlah kejuaraan dan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang harus ditempuh selama tiga hari ke depan.

Andre yang saat ini duduk di bangku kelas 9 SMP Negeri 4 Garut tersebut, mengaku sempat mengalami ketegangan untuk menghadapi Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP).

Meski ujian tersebut dimulai pada pukul 10.30 WIB, Andre sudah tiba di sekolah pada pukul 08.00 WIB untuk sekadar kembali membaca materi yang telah dipelajari ataupun bersendagurau dengan teman-temanya.

Meski telah mengukir banyak prestasi dari cabang olahraga tenis meja, bagi Andre, UN sendiri adalah momen sakral yang mesti ia ikuti untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.


"Sempat takut tidak bisa menjawab soal ujian," kata Andre kepada Tribun Jabar di SMP Negeri 4 Garut, Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Garut, Senin (23/4/2018).

Di hari pertama ujian nasional tersebut, Andre bersama ratusan siswa lainnya melaksanakan UN mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Tidak ingin meremehkan ujian tersebut, Andre memutuskan selama empat hari kedepan untuk berhenti berlatih dan fokus terhadap ujian akhir tingkat sekolah menegah itu.

"Libur dulu saja, biar bisa konsentrasi. Kalau sudah beres mau latihan lagi," kata Andre.

Ia berharap, dari hasil ujian tersebut, dirinya mendapatkan nilai yang maksimal dan dapat membanggakan orang tua serta guru-guru SMP 4 Negeri Garut.

Baca: Sempat Offline Lima Menit, Siswa SMP Satu Atap Negeri Talun Cemas

"Kalau ujian beres, latihan juga tidak jadi beban," katanya.

Berdasarkan informasi, Andre ini telah mengikuti kurang lebih 90 kejuaraan tenis meja dalam negeri maupun tingkat dunia.

Beberapa prestasi yang telah diukir oleh Andre, juara satu turnamen walikota di Yogyakarta, juara satu PON remaja di Surabaya, dan peringkat 8 di Thailand.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help