TribunJabar/
Home »

Video

VIDEO Kesuksesan Mantan Sopir Travel yang Jadi Pengusaha Kopi Luwak

Pepatah tersebut sepertinya tepat bila diterapkan kepada seorang‎ pria asal Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, yakni Andri Hermawan (34).

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Ada sebuah pepatah Sunda yang berbunyi "cikaracak ninggang batu, laun-laun jadi legok," ini memiliki arti air yang menetes ke sebuah batu, lama-lama akan berlubang, artinya bila melakukan sesuatu secara serius dan tekun, maka kesuksesan lah hasil yang didapatnya.

Pepatah tersebut sepertinya tepat bila diterapkan kepada seorang‎ pria asal Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut, yakni Andri Hermawan (34).

Dia kini berhasil menjadi pengusaha Kopi Luwak Garut yang difermentasikan oleh seekor luwak atau musang pandan.

Berangkat dari seorang sopir travel wisata di Kota Bandung dari 2004 , Andri pada saat itu kerap mengantarkan sejumlah pelancong ke berbagai tempat wisata, termasuk penangkaran luwak di daerah Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat dan Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Baca: LIVE STREAMING Persib Vs Mitra Kukar, Tonton Aksi Duo Bomber Maung Lewat Ponsel

Baca: Benarkah Tarif Ustaz Abdul Somad untuk Sekali Ceramah Rp 60 Juta? Ini Penjelasannya

Saat berada di tempat penangkaran tersebut, Andri merasakan tidak ada yang begitu menarik da‎ri tempat itu, namun disaat perjalanan selanjutnya, Andri begitu heran karena banyak sekali wisatawan ke tempat penangkaran luwak kopi tersebut.

Merasa penasaran ada apa dengan kopi luwak di dua tempat tersebut, kemudian Andri pun menelisik bagaimana proses pembuatan kopi dari awal dan tak lupa mencicipi pahitnya kopi hasil fermentasi.

Setelah mencicipi pahitnya kopi tersebut, Andri pada saat itu benar-benar tidak menyukai kopi tiba-tiba merasakan ada sesuatu‎ yang berbeda setiap ia mereguk minuman tersebut, hingga Andri menghabiskan satu cangkir kopi luwak.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help