Home »

Garut

Ini Alasan Polres Garut Hadirkan Da'i Saat Menggelar Razia Pengendara di Jalan

Kepala Satlantas Polres Garut, AKP Rd Erik Bangun Prakasa, megatakan agar masyarakat patuh terhadap keselamatan tidak cukup

Ini Alasan Polres Garut Hadirkan Da'i Saat Menggelar Razia Pengendara di Jalan
Tribun Jabar/Hakim Baihaqi
Dai Kamtibmas Polres Garut, Aceng Anwar,? saat memberikan siraman rohani kepada pelanggar lalu lintas di kawasan Jalan Pembangunan, Kabupaten Garut, Kamis (8/3/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Garut, AKP Rd Erik Bangun Prakasa, megatakan agar masyarakat patuh terhadap keselamatan tidak cukup melalui tindakan penilangan.

Penilangan yang hanya bersifat sementara, membuat masyarakat yang saat itu melanggar akan kembali melakukan pelanggaran, karena tidak menimbulkan efek jera.

"Untuk itu kami berupaya memberi tambahan teguran melalui sisi keagamaan dengan menghadirkan da'i. Tujuannya agar lebih menyentuh pada hati masyarakat, agar mereka sadar dalam berlalu lintas," kata Erik saat ditemui di Jalan Pembangunan, Kabupaten Garut, Kamis (8/3/2018).

Baca: Bocornya Minyak ke Area Warga Bukan Kali Pertama di Tasikmalaya, Titin: Dulu Minyak Tanah

Kegaitan ini, lanjut Erik, dalam rangka Operasi keselamatan Lodaya 2018, dengan pendekatan kepada masyarakat secara lebih simpatik dan humanis.

Erik mengatakan, setiap manusia tidak diperbolehkan untuk membahayakan diri sendiri ataupun orang lain.

"Jadi perbuatan dosa, jika kebiasaan melanggar tersebut dibiarkan," ujarnya.


Dalam ceramah singkat yang disampaikan oleh Da'i Kamtibmas Polres Garut, Aceng Anwar,‎ menyebutkan, manusia memiliki aturan ketaatan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sama halnya dengan hidup beragama, para pengendara pun harus taat kepada aturan agar tidak terjadi kecelakaan lalu lintas karena lalai terhadap aturan.

"‎Kala aturan dilaksanakan, maka akan mendapatkan keamanan," kata Anwar saat memberikan siraman rohani kepada pelanggar lalu lintas.

Adanya penertiban yang dilakukan oleh Satlantas Polres Garut, berharap kepada pengendara yang melanggar agar tidak mengulangi perbuatannya tersebut.

"Taubatnya pengendara adalah tidak melanggar lalu lintas," ujarnya. (*)

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help