Kabar Baik! Pemkot Tasik Lanjutkan Pembangunan Dua Rumah Sakit Tahun Ini

"Kalau puskesmas tahun ini butuh akreditasi, untuk jumlah tidak ada penambahan karena sudah dirasa cukup," ujarnya.

Kabar Baik! Pemkot Tasik Lanjutkan Pembangunan Dua Rumah Sakit Tahun Ini
Tribun Jabar/Isep Heri Herdiansah
Kepala dinas kesehatan Kota Tasikmalaya, Cecep Zaenal Kholis saat memaparkan program di acara musyawarah perencanaan pembangunan sektoral di City Hotel, Jalan Sukalaya Barat, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Selasa (13/2/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya berencana akan melanjutkan pembangunan dua rumah sakit pada tahun 2018 ini.

Lanjutan pembangunan yang baru dalam tahap struktur tersebut dilakukan di dua kecamatan yakni Kecamatan Kawalu dan Kecamatan Purbaratu.

Menurut Kepala dinas kesehatan Kota Tasikmalaya, Cecep Zaenal Kholis mengatakan pembangunan kedua rumah sakit tersebut menganggarkan Rp 5 miliar untuk masing-masing rumah sakit pada tahun ini.

"Tahun ini pemkot akan melanjutkan pembangunan rumah sakit di Kawalu dan Purbaratu dari anggaran 25 miliar sekarang, turun 5 miliar dari Provinsi," Katanya saat di temui seusai musrembang sektoral di City Hotel, Jalan Sukalaya Barat, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Selasa (13/2/2018).

Baca: Aries: Kota Bandung Kekurangan Lahan untuk Komunitas Kreatif

Selain melanjutkan pembangunan rumah sakit, Cecep menyampaikan target pemkot tahun ini adalah melakukan akreditasi beberapa puskesmas yang ada di Kota Tasikmalaya.

Menurutnya dari 21 puskesmas yang ada di wilayah Kota Tasikmalaya, ada 16 Puskesmas yang ditargetkan terakreditasi tahun ini, setelah di tahun sebelumnya sebanyak 5 puskesmas sudah terakreditasi.

Cecep menjelaskan, akreditasi tersebut bertujuan meninjau standar sarana prasarana, termasuk standarisasi sumber daya manusia prosedur kerja, dokumentasi setiap puskesmas yang ada.

"Kalau puskesmas tahun ini butuh akreditasi, untuk jumlah tidak ada penambahan karena sudah dirasa cukup," ujarnya.

Baca: Paytren Teken Kerjasama dengan Grab dan Madhang di Bandung

Selain itu, Ia menambahkan saat ini dinas kesehatan Kota Tasikmalaya tengah melakukan pendataan terhadap setiap keluarga.

"Saat ini sedang melaksanakan pendataan masalah kesehatan setiap keluarga, agar nantinya kita memiliki profil kesehatan keluarga," katanya.

Menurutnya, tujuan pendataan terseb untuk mengecek riwayat medis setiap anggota keluarga agar nantinya dinas kesehatan mempunyai data base terkait kesehatan warganya.


Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Yudha Maulana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved