TribunJabar/

Kuliner Bandung

Hmm . . . Lezatnya Steak dengan Level Pedas Kekinian

Sebanyak 65 persen menu steak di sini terbuat dari daging sapi tenderloin. Sisanya steak dibuat dari jamur dan . . .

Hmm . . . Lezatnya Steak dengan Level Pedas Kekinian
ISA RIAN FADILAH
Steak dengan Level Pedas Kekinian di Steak Ranjang, Kota Bandung. 

Laporan Isa Rian Fadilah

BANDUNG, TRIBUNJABAR.CO.ID - BERAGAM sajian steak bisa Anda dapatkan di Kota Bandung yang terkenal sebagai kawasan wisata kuliner. Pastinnya semua steak yang sudah disajikan di atas hot plate sangat menggoda ketika ada di hadapan.

Namun, steak ini tampak sedikit berbeda. Daging sapi yang telah berlumuran saus barbecue ini juga dipenuhi biji-biji cabai. Saat dicicipi, sensasi pedas langsung menyeruak. Saus tak hanya terasa pedas. Rasa gurih, asam, manis, dan asin pun tak kalah nendangnya. Berbeda dengan beberapa steak sekelas lainnya di Bandung, steak ini lebih kaya rasa dan tentunya pedas. Bahkan saat daging menyentuh lidah, di dalamnya sudah mengandung rasa.

Steak dengan Level Pedas Kekinian di Steak Ranjang, Kota Bandung.
Steak dengan Level Pedas Kekinian di Steak Ranjang, Kota Bandung. (ISA RIAN FADILAH)

Steak tersebut terdapat di Steak Ranjang. Kedai steak ini dikenal sebagai pelopor kedai steak yang menawarkan pilihan level pedas. Ada lima level yang bisa dipilih yakni PDKT (0), PHP (1), HTS (2), CLBK (3), TTM (4), dan plus-plus (5). Level tiga saja sudah sangat terasa pedasnya.

Selain level kepedasan, saus pun bervariasi, yakni barbecue, black pepper, dan brown sauce. Ketiga saus tersebut diracik dengan resep khas Steak Ranjang.

"Saus kami bikin sendiri. Barbecue seperti saus tomat, asam manis. Kalau brown sauce dibuat dari kaldu sapi jadi gurih asin. Kalau black pepper juga ada kaldu sapinya tapi ada tambahan black pepper," ujar pemilik Steak Ranjang, Aditia Zulfikar (29), saat ditemui di kedainya jalan Dipati Ukur Bandung, kemarin.

Sebanyak 65 persen menu steak di sini terbuat dari daging sapi tenderloin. Sisanya steak dibuat dari jamur dan ayam yang dibalut tepung. Salah satu menu yang banyak dipesan adalah tenderloin telanjang. Menu ini terdiri dari 80 gram tenderloin, kentang goreng, dan sayur-mayur seperti buncis dan wortel.

Steak dengan Level Pedas Kekinian di Steak Ranjang, Kota Bandung.
Steak dengan Level Pedas Kekinian di Steak Ranjang, Kota Bandung. (ISA RIAN FADILAH)

Ada menu baru di Steak Ranjang, yakni chicken hamil 3 bulan. Menu ini lebih menyerupai cordon bleu, yakni ayam yang dilapisi tepung, smoked beef dan keju. Menu ini juga ditaburi oleh keju parut. Satu porsi chicken hamil tiga bulan berisi 300-400 gram. Menu sebanyak itu dibuat dari satu ekor dada ayam.

"Tekstur daging justru kalau makin lama disimpan di pendingin makin bagus. Tapi, kami dagingnya fresh, setiap hari segar dan tidak pernah beli dalam keadaan beku," ucapnya.

Saat pasokan daging masuk ke dapur, daging sapi langsung dipotong-potong. Setelah itu, daging dipukul-pukul dan diberi bahan untuk pengempuk. Daging diberi mentega dan dimarinasi dengan bumbu khusus. Daging didiamkan selama dua hingga tiga jam.

Sedangkan daging ayam lebih simpel. Ayam hanya perlu dimarinasi selama empat jam, kemudian dipotong-potong.

Halaman
12
Penulis: Isa Rian Fadilah
Editor: ddh
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help