Jalan Cadas Pangeran Rawan Longsor, Bupati Sumedang Minta Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 Segera Dibuka

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan pihaknya sudah berkirim surat ke Kementerian PUPR agar jalan tol segera bisa dibuka. 

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Ravianto
Tribun Jabar/ Kiki Andriana
Suasana gerbang Tol Sumedang Kota pasca tol Cisumdawu seksi 2 yang menghubungkan Pamulihan-Bojong dibuka fungsional, Jumat (29/4/2022) siang. 

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Tol Cisumdawu seksi 2 (Pamulihan-Sumedang) dan seksi 3 (Sumedang-Cimalaka) dikabarkan segera dibuka. 

Ruas tol itu dibuka menjelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). 

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan pihaknya sudah berkirim surat ke Kementerian PUPR agar jalan tol segera bisa dibuka. 

Alasannya adalah jalan utama Bandung-Sumedang yang melintas ke Cadas Pangeran sudah rawan longsor, apalagi saat ini musim penghujan, dan beberapa kejadian longsor terjadi. 

"Sudah lama kami berkirim surat agar tol segera dibuka, alasannya agar masyakat terhindar dari bencana longsor di jalan utama," kata Bupati, Minggu (11/12/2022). 

Alasan kedua, adalah karena jalan tol tersebut kini sudah betul-betul selesai dan telah diuji kelaikan. 

"Nataru ini kami berupaya agar tol bisa dipergunakan," kata Dony. 

Direktur Teknik PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT), Bagus Medi mengatakan bahwa tol tersebut memang sudah dinyatakan layak untuk dilalui meski ada dalam status bersyarat. 

Masih ada sejumlah pekerjaan berkaitan dengan perapian di beberapa titik, seperti perapian tebing di kawasan Sirnamulya dan Bojong.

Kepada TribunJabar.id, Bagus mengatakan bahwa jalan itu kemungkinan dibuka untuk Nataru, meski dia sendiri masih menunggu tanggal pasti pembukaan itu dari Kementerian PUPR.(Laporan Kontributor TribunJabar.id Kiki Andriana dari Sumedang)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved