Piala Dunia 2022

Sosok Memphis Depay, Sempat Diragukan, Pemain Belanda Bersinar di Piala Dunia 2022

Pelatih Belanda, Louis van Gaal, memiliki alasan untuk tetap membawa sosok Memphis Depay ke Piala Dunia 2022.

Giuseppe CACACE / AFP
Penyerang Belanda Memphis Depay merayakan gol pertama timnya saat pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar antara Belanda dan AS di Khalifa International Stadium di Doha Sabtu (3 Desember 2022). (Giuseppe CACACE / AFP) 

TRIBUNJABAR.ID - Pelatih Belanda, Louis van Gaal, memiliki alasan untuk tetap membawa sosok Memphis Depay ke Piala Dunia 2022.

Louis van Gaal dikenal sebagai pelatih yang keras kepala, dan blak-blakan. Dia bersikeras memasukkan Memphis Depay yang cedera, dan jarang main di Barcelona, ke dalam 26 pemain yang dibawa ke Piala Dunia 2022 Qatar.

Di Piala Dunia 2022, dia berharap mendapatkan buah manis dari keputusannya tersebut.

Depay cedera hamstring saat laga internasional September lalu, dan pemulihannya memakan waktu lebih lama dari yang diharapkan.

Baca juga: Jadwal Piala Dunia 2022 Nanti Malam, Belanda vs Argentina, Duel Virgil van Dijk dan Lionel Messi

Namun, Vaal Gaal bersedia berjudi untuk kebugaran pencetak gol terbanyak kedua di Belanda tersebut.

"Memphis sangat penting untuk grup ini, tidak hanya sebagai pesepak bola tapi juga sebagai manusia. Jadi ya, saya membuka ruang untuknya," kata Van Gaal, saat mengumumkan skuadnya bulan lalu.

"Dia adalah pemain yang luar biasa dan saya telah mengesampingkan prinsip saya karena saya menganggap dia sangat penting bagi tim. Saya menjelaskan ini kepada para pemain, bahwa saya melakukan semua ini untuk Memphis, dan para pemain menerimanya," kata van Gaal dikutip dari situs France24.

Depay melakoni debut internasionalnya pada usia 20 tahun saat Belanda finis ketiga di bawah Van Gaal di Piala Dunia 2014.

Dia juga menjadi bagian dari tim gagal lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia empat tahun lalu.

Sang bomber memastikan tidak ada kegagalan berulang dengan memborong 12 gol di kualifikasi Piala Dunia 2022 -- terbanyak bersama Harry Kane di Eropa.

Dia kini merupakan satu dari tiga pemain Belanda alumni dari Piala Dunia 2014 di Brasil.

Van Gaal dengan hati-hati menurunkan Depay kembali ke tim, menggunakan dia sebagai pemain pengganti di dua pertandingan pertama Belanda di Qatar.

Memphis Depay merayakan gol untuk kemenangan Belanda ke gawang Belgia pada laga perdana fase grup UEFA Nations League 2022-2023, Sabtu (4/6/2022) dini hari WIB.
Memphis Depay merayakan gol untuk kemenangan Belanda ke gawang Belgia pada laga perdana fase grup UEFA Nations League 2022-2023, Sabtu (4/6/2022) dini hari WIB. (Kompas.com)

Dia membantu membuat salah satu gol saat Oranje menang 2-0 melawan Senegal di pertandingan pembukaan, dan bermain imbang 1-1 dengan Ekuador di paruh kedua.

Depay kemudian membuat start pertamanya dalam lebih dari dua bulan saat Belanda merebut tempat mereka di babak sistem gugur dengan kemenangan 2-0 atas Qatar.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved