Richard Eliezer Tak Persoalkan Ricky Rizal Diam, Nilai Dengar Perintah Ferdy Sambo

Bharada Richard Eliezer menilai Ricky Rizal mendengar teriakan perintah Ferdy Sambo untuk menembak Brigadir Yosua.

Editor: Giri
KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO
Richard Eliezer atau Bharada E menjalani sidang di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Senin (21/11/2022). Richard tak mempersoalkan Ricky Rizal diam soal mendengar perintah Ferdy Sambo menembak Brigadir J. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Bharada Richard Eliezer menilai Ricky Rizal mendengar teriakan perintah Ferdy Sambo untuk menembak Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Perintah itu diberikan Ferdy Sambo yang saat itu berstatus Kadiv Propam Polri kepada Bharada Richard Eliezer.

Namun Ricky disebut masih bungkam dan tidak mau bicara akan hal itu.

Bharada Richard Eliezer mengatakan itu saat menanggapi kesaksian Ricky Rizal dalam persidangan kasus pembunuhan Brigadir Yosua di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (5/12/2022).

"Tentang (perintah) penembakan di Duren Tiga, bahwa dalam jarak sedekat itu tidak mungkin Bang Ricky tidak mendengarkan. Tapi mungkin tidak mau bicara," ujar Richard.

Namun, Richard mengatakan tidak mau memaksa.

"Tapi terserah terhadap Bang Ricky juga," tutur Richard.

Baca juga: Bharada E Kuak Ciri-ciri Sosok Wanita Misterius yang Nangis di Rumah Ferdy Sambo, Sempat Dibantah

Selain soal perintah penembakan, Richard juga menyanggah keterangan Ricky yang menyebut tak pernah berniat menabrakkan mobil saat dia bersama Yosua berada di satu mobil dalam perjalanan Magelang menuju Jakarta.

Richard menyebut, niatan Ricky itu diceritakan di Saguling, rumah pribadi Ferdy Sambo, setelah peristiwa penembakan terjadi.

Namun tidak ada saksi lain yang bisa menguatkan karena cerita itu disampaikan Ricky hanya saat bersama Richard.

"Bang Ricky sempat mengatakan ke saya tentang rencana mau menabrak itu. Saya menanggapi itu 'wah kalau Abang menabrakkan, Abang celaka juga' itu (perbincangan) sempat terpotong karena ibu (Putri Candrawathi) sama Om Kuat datang," tutur Richard.

Dalam kesaksian, Ricky Rizal membantah mendengar perintah Ferdy Sambo berteriak "woy tembak!" kepada Richard Eliezer saat mengeksekusi Brigadir Yosua.

Selain itu, Ricky juga membantah pernah berniat membunuh Yosua dengan menabrakkan mobil saat berada dalam perjalanan Magelang menuju Jakarta.

Diketahui, Richard Eliezer merupakan satu dari lima pelaku dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J yang terjadi di rumah dinas Kadiv Propam Polri di Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Halaman
12
Sumber: Kompas
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved